PENERAPAN METODE PAKEM DENGAN PEMANFAATAN PROPERTI SEBAGAI STIMULUS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENARI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 RAHA

SYAFIRA, VADILLA (2019) PENERAPAN METODE PAKEM DENGAN PEMANFAATAN PROPERTI SEBAGAI STIMULUS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENARI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 RAHA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL VADILLA.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK VADILLA SYAFIRA, 2019. Penerapan metode PAKEM dengan pemanfaatan properti sebagai stimulus untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menari pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Raha, Skripsi. Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana penerapan metode PAKEM dengan pemanfaatan properti sebagai stimulus untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menari pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Raha dan bagaimana tingkat kreativitas siswa setelah diterapkan metode PAKEM sebagai stimulus untuk meningkat kreativitas siswa dalam menari pada kelas X SMA Negeri 2 Raha. Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan teknik pengumpulan data yaitu sasaran dan responden, observasi, wawancara dan dokumentasi, dan juga menggunakan metode Kuantitatif yaitu mengukur tingkat kreatifitas dan dengan tes unjuk kerja untuk melakukan penilaian dengan menggunakan aspek penilaian yaitu kelancaran, orisinilitas, fleksibilitas, elaborasi dan kepekaan. Pada penelitian ini dilakukan dengan sebanyak 2 siklus, pada siklus I dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan sampai dengan siswa menunjukan hasil kreativitasnya dengan kelompok masing-masing, namun pada siklus I siswa belum percaya diri dalam mengemukakan ide-ide kreatifnya, sehingga pada siklus I perlu diperbaiki pada tahapan siklus II yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan agar tingkat kreativitas siswa meningkat. Siswa kelas X.1 SMA Negeri 2 Raha mampu menerima pembelajaran seni budaya dengan baik namun adanya kurang percaya diri terhadap siswa untuk berkreativitas, dan pada tahapan siklus II tingkat kreativitas siswa mulai meningkat. Perolehan pada siklus I dengan nilai rata-rata 67,55 dan mengalami peningkatan di siklus II dengan jumlah perolehan nilai rata-rata sebanyak 76,83.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 08:00
Last Modified: 16 Jan 2020 08:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16501

Actions (login required)

View Item View Item