PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENARI PATTENNUNG MELALUI EKSTRAKURIKULER DI SMPN 2 POLUT TAKALAR

Utami, Nurhaerani (2019) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENARI PATTENNUNG MELALUI EKSTRAKURIKULER DI SMPN 2 POLUT TAKALAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal Nurhaerani Utami.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhaerani Utami, 2019. Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Menari Tari Pattennung melalui Ekstrakurikuler di SMPN 2 Polut Takalar, Skripsi, Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menjawab masalah yang ada di sekolah SMPN 2 Polut Takalar yaitu : (1) Bagaimana penerapan metode drill dalam pembelajaran Tari Pattennung pada ekstrakurikuler di SMPN 2 Polut Takalar, (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menari Tari Pattennung setelah diterapkan metode drill pada ekstrakurikuler di SMPN 2 Polut Takalar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan Kelas (PTK) model gabungan Sanford dan Kemmis yang dikembangkan oleh Direktorat Ketenagaan Ditjen Dikti Depdiknas dimana aktivitas dimulai dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflection) dan seterusnya sampai dicapai kualitas pembelajaran yang diinginkan. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah: (1) studi pustaka, (2) observasi, (3) tes unjuk kerja dan (4) dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif sesuai dengan permasalahan yang ada. Hasil dari penelitian ini yaitu : (1) Pelaksanan pembelajaran ekstrakurikuler disusun dalam RPK dengan menggunakan dua siklus, dimana pada masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan dengan estimasi waktu 90 menit dalam satu kali pertemuan. Dalam pembelajaran ekstrakurikuler, guru akan menerapkan metode drill dengan memberikan pemahaman secara bertahap dengan kegiatan latihan berulang- ulang yang akan memberikan siswa kesempatan untuk berlatih lebih lama hingga dapat mengingat gerakan Tari Pattennung dengan teknik yang baik. (2) peningkatan keterampilan menari setelah diterapkan metode drill menunjukkan perubahan keterampilan dimana pada hasil prasiklus hasil penilaian peneliti kepada siswa hanya mencapai niali rata-rata C+ yaitu 4 dengan kategori Kurang Tuntas, sedangkan setelah guru memberikan tindakan yaitu penerapan metode drill maka menunjukkan peningkatan 31,75 % dengan nilai rata-rata B- atau 5,27 kategori Cukup Tuntas. Melihat hasil dari siswa guru kemudian melakukan refleksi dengan membuat strategi dalam menunjang peningkatan menari siswa berupa kegiatan pemanasan selama 10 menit sebelum kegiatan inti

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:00
Last Modified: 16 Jan 2020 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16476

Actions (login required)

View Item View Item