MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TARI DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANETE RILAU

Pratiwi, Nur Adila (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TARI DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANETE RILAU. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Abstrak Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode siklus I dan Siklus II yang berisikan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi pada setiap siklus yang dilakukan. Subjek penelitian ini di fokuskan pada di kelas VIII.1 semester II tahun Pelajaran 2018/2019 yang melibatkan 22 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan studi pustaka, observasi, interview, tes kinerja dan observasi .Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode pembelajaran tutor sebaya pada siklus I tidak menunjukkan penerapan metode pembelajaran yang optimal dikarenakan guru dalam penerapan metode ini cenderung melakukan proses pembelajaran yang konvensional dengan masih memproporsikan waktu penjelasan materi dengan model ceramah. Sedangkan untuk penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada siklus II, guru dalam penerapan metode pembelajaran yang digunakan telah searah dengan metode Tutor Sebaya dengan mengefektifkan pada pemberdayaan kelompok kelompok siswa yang dibentuk. Kata kunci: tari, hasil belajar, tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:48
Last Modified: 16 Jan 2020 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16471

Actions (login required)

View Item View Item