Kesiapan Unit Produksi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Makassar

Hasanah, Hasanah and Purnamawati, Purnamawati (2017) Kesiapan Unit Produksi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Makassar. In: Seminar Nasional Lembaga Penelitian "Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset", ISBN : 978-602-6883-93-3, 26 Agustus 2017, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
ARTIKEL KESIAPAN UNIT PRODUKSI DALAM PELAKSANAAN.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review Artikel Seminar Nasional - KUP.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/41...

Abstract

Abstrak: Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan SMK dalam pelaksanaan Teaching Factory, dengan tujuan khusus: (1) Mengetahui tingkat kesiapan Unit Produksi SMK dalam pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan berbasis Teaching Factory, (2) Mengetahui tingkat kesiapan manajemen SMK dalam pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan berbasis Teaching Factory. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development), tetapi baru pada tahapan Research awal, sehingga hasilnya didiskripsikan sesuai temuan dilapangan. Penelitian awal, menganalisis tingkat kesiapan sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam pelaksanaan Teaching Factory. Tingkat kesiapan diukur dari 2 faktor, yakni: (1) kesiapan Unit Produksi SMK, dan (2) kesiapan manajemen sekolah dalam pelaksanaan Teaching Factory di SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesiapan Unit Produksi dalam pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan berbasis Teaching Factory sangat baik, dan (2) kesiapan manajemen sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran Kewirausahaan berbasis Teaching Factory baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kewirausahaan berbasis Teaching Factory dapat diimplementasikan di SMK.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 30 Dec 2019 05:50
Last Modified: 30 Dec 2019 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16348

Actions (login required)

View Item View Item