PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI TARI DEKABUA PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SMA NEGERI 1 LAWA KABUPATEN MUNA BARAT

Sartika, Fitrah (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI TARI DEKABUA PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SMA NEGERI 1 LAWA KABUPATEN MUNA BARAT. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitrah Sartika, 2019 “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menari Tari Dekabua Pada Kegiatan Ekstrakulikuler SMA Negeri 1 Lawa Kabupaten Muna Barat”. Skripsi, Jurusan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I Rahma M S.Pd, M.Sn dan Pembimbing II Hamrin S.Pd, M.Sn. Penelitian ini bertujuan agar siswa dapat memperbaiki teknik menari tari Dekabua dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Lawa Kabupaten Muna Barat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan menari tari Dekabua pada kegiatan ekstrakulikuler SMA Negeri 1 Lawa Kabupaten Muna Barat dan bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam menari tari Dekabua setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada kegiatan ekstrakulikuler SMA Negeri 1 Lawa Kabupaten Muna Barat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan teknik pengumpulan data yaitu sasaran dan sampel, observasi, wawancara dan dokumentasi, dan juga menggunakan metode kuantitatif yaitu mengukur tingkat kemampuan dan tes unjuk kerja untuk melakukan penilaian dengan menggunakan aspek penilaian yaitu wiraga, wirama dan wirasa. Pada penelitian ini dilakukan dengan sebanyak 2 siklus, pada siklus I dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan sampai dengan siswa menunjukan hasil kemampuannya dengan kelompok masing-masing, namun pada siklus I siswa belum percaya diri dalam mengemukakan kemampuannya, sehingga pada siklus I perlu adanya perbaikan pada tahap siklus II. Pada siklus II dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan agar kemampuan siswa meningkat. Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler SMA Negeri 1 Lawa mampu menerima pelajaran dengan baik namun adanya kurang percaya diri terhadap siswa untuk tampil menari tari Dekabua dan pada tahap siklus II kemampuan siswa mulai meningkat. Perolehan pada siklus I dengan nilai rata-rata 64 dan mengalami peningkatan di siklus II dengan jumlah perolehan nilai rata-rata sebanyak 80,3. 2 PENDAHULUAN Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada siswa agar dapat: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi oranglain, (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut, selain peningkatan pembelajaran di dalam kelas yang berupa teori, juga diperlukan adanya kegiatan diluarpembelajaran terkait dengan praktek agar siswa bisa lebih fokus pada praktek saja dan tidak terbatas oleh waktu seperti saat jam pelajaran di sekolah. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan bergantung pada kebijakan serta strategi pembelajaran yang diterapkan. Selain itu, hal lain yang dapat menunjang pembelajaran intrakulikuler adalah kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dapat mengimbangi antara pengetahuan yang diperoleh di kelas sebagai kegiatan intrakurikuler dengan sikap dan keterampilan yang harus dikembangkan agar dapat dimiliki. Kegiatan ini memberi keleluasaan waktu dan memberikan kebebasan pada siswa, terutama dalam menentukan jenis kegiatan yang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Kegiatan ekstrakurikuler ini dapat dijadikan wadah bagi siswa yang memiliki minat untuk mengikuti berbagai macam jenis kegiatan. Melalui

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:11
Last Modified: 30 Dec 2019 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16327

Actions (login required)

View Item View Item