Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik pada Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Materi Eksponen dan Logaritma di Kelas X SMA Negeri 1 Pangsid

PUTRIYANI S, PUTRIYANI S (2015) Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik pada Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Materi Eksponen dan Logaritma di Kelas X SMA Negeri 1 Pangsid. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
PUTRIYANI S..docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK PUTRIYANI S. Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik pada Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Materi Eksponen dan Logaritma di Kelas X SMA Negeri 1 Pangsid (Dibimbing oleh Ruslan dan Awi Dassa). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan Perangkat Asesmen Autentik pada Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific untuk materi pokok Eksponen dan Logaritma pada Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidrap. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Pangsid sebanyak 42 orang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 38 orang perempuan. Prosedur pengembangan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah proses pengembangan instrumen asesmen autentik menurut Djaali & Muljono (2008: 60) dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) mengembangkan dimensi dan indikator dari variabel penelitian, 2) membuat kisi-kisi instrumen, 3) menetapkan besaran atau parameter, 4) menjabarkan butir-butir instrumen ke dalam bentuk pertanyaan dan pernyataan, 5) tahap validasi pakar, 6) revisi atau perbaikan berdasarkan saran dari pakar, 7) penggandaan instrumen secara terbatas untuk keperluan uji coba, 8) uji coba instrumen di lapangan, 9) menentukan validitas dan reliabilitas instrumen, dan 10) perakitan butir-butir instrumen yang valid unjuk dijadikan instrumen final. Perangkat asesmen autentik pada pembelajaran dengan pendekatan scientific yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh pakar dan praktisi serta telah diujicobakan sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat asesmen autentik pada pembelajaran dengan pendekatan scientific bersifat valid dan reliabel. Perangkat asesmen autentik yang telah memenuhi kriteria valid dan reliabel secara rasional maupun empirik meliputi instrumen penilaian sikap: Lembar Observasi Sikap Spiritual, Rubrik dan Lembar Observasi Sikap Sosial. Instrumen penilaian pengetahuan: 1) Kisi-Kisi Tes, 2) Tes Kompetensi, 3) Rubrik dan Lembar Penilaian Tes Kompetensi. Instrumen penilaian keterampilan: 1) Tes Kinerja, dan 2) Rubrik dan Lembar Penilaian Tes Kinerja. ABSTRACT PUTRIYANI S. 2014. Development of Authentic Assessment Tools Using Scientific Approach Learning on the Exponents and Logarithms Subject in Class X at SMA Negeri 1 Pangsid (Supervised by Ruslan and Awi Dassa). This was a Research and Development aimed at developing Authentic Assessment learning tools using Scientific approach learning on the Exponents and Logarithms subject of class X at SMA Negeri 1 Pangsid. The subjects were 42 students of class X MIA 2 at SMA Negeri 1 Pangsid as many consisted of 4 men and 38 women. The instrument development procedure used in this study was based on Djaali & Muljono consisted of several steps: 1) developing the dimensions and indicator of research variable, 2) creating an instrument outline, 3) determining the amount or parameters, 4) describing the items instrument in the form of question and statements, 5) the expert of validation, 6) revising or improvements based on expert feedback, 7) copying the instrument for the testing purposes, 8) testing the instrument, 9) determining the validity and reliability of the instrument, and 10) arranging a valid item of instrument to be used as the final instrument. The authentic assessment learning tools developed using scientific approaches had been validated by the experts and practitioners as well as tested to obtain decent results to be used. The result showed that the authentic assessment learning tools using scientific approach was rational and empirical valid and reliable, including the attitude asssessment instruments: spiritual attitude observation sheet, rubrics and social attitudes observation sheet. The cognitive assessment instruments included: 1) test outline, 2) competency test, 3) rubrics and competency test assessment sheet. The skills assessment instruments were: 1) performance test, and 2) rubric and performance tests assessment sheet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:24
Last Modified: 07 Dec 2016 01:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1630

Actions (login required)

View Item View Item