Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Emosional melalui Kemampuan Berfikir Logis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Polewali Mandar

Mahmud, Nurfadilah (2014) Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Emosional melalui Kemampuan Berfikir Logis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Polewali Mandar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NURFADILAH MAHMUD.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Nurfadilah Mahmud, 2014. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Emosional melalui Kemampuan Berfikir Logis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Polewali Mandar (dibimbing oleh Alimuddin dan Suwardi Annas) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh kecerdasan intrapersonal, kecerdasan emosional dan kemampuan berfikir logis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Polewali Mandar baik secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Polewali Mandar yang seluruhnya berjumlah 4815 orang tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah 430 siswa yang diambil dengan menggunakan proporsional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan: (1) Skala kecerdasan intrapersonal, (2) skala kecerdasan emosional, (3) tes kemampuan berfikir logis, (4) tes prestasi belajar matematika siswa kelas VIII. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan intrapersonal dengan rata-rata skor 80,51 berada pada kategori tinggi, kecerdasan emosional dengan rata-rata skor 190,23 berada pada kategori tinggi, kemampuan berfikir logis dengan rata-rata skor 62,42 berada pada kategori sedang dan prestasi belajar matematika dengan rata-rata skor 42,40 berada pada kategori rendah; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Polewali Mandar; (3) Kecerdasan intrapersonal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika, kecerdasan intrapersonal berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa melalui kemampuan berfikir logis; (4) Kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa dan kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa melalui kemampuan berfikir logis. ABSTRACT NURFADILAH MAHMUD. 2014. The Influence of Intrapersonal Intelligence and Emotional Intelligence through Logical Thinking Ability toward Mathematics Learning Achievement of grade VIII Students at Public Junior High Schools in Polewali Mandar (Supervised by Alimuddin and Suwardi Annas). This study aims to find out the description and the influence of intrapersonal intelligence, emotional intelligence and logical thinking ability toward mathematics learning achievement of grade VIII students at SMPN (public junior high schools) in Polewali Mandar, both of directly and indirectly. This research is an ex post facto with causality in nature. The population in this study was 4815 of grade VIII students in SMPN (public junior high schools) in Polewali Mandar in the academic years of 2013/2014. The research samples were 430 students taken using proportional stratified random sampling. Instruments used were: (1) intrapersonal intelligence scale, (2) emotional intelligence scale, (3) test of logical thinking ability, (4) tests of mathematics learning achievement of the eighth grade students. Data were analyzed by employing descriptive statistics and path analysis. The results of study indicate that: (1) the intrapersonal intelligence with a mean score of 80.51 is in high category, the emotional intelligence with a mean score 0f 190.23 is in high category, the logical thinking ability with a mean score of 62.42 is in fair category, and mathematics learning achievement with a mean score 42.40 is in low category; (2) there is a positive and significant relationship between intrapersonal intelligence and emotional intelligence of grade VIII students at SMPN in Polewali Mandar; (3) the intrapersonal intelligence has a significant negative effect on mathematics learning achievement, intrapersonal intelligence has a positive effect on students’ mathematics learning achievement through the logical thinking ability; (4) the emotional intelligence has no effect on students’ mathematics learning achievement and emotional intelligence has positive effect on students’ mathematics learning achievement through the logical thinking ability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:19
Last Modified: 07 Dec 2016 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1629

Actions (login required)

View Item View Item