Pengembangan Media Presentasi Interaktif untuk Pembelajaran Fisika pada Peserta Didik SMA Negeri 21 Makassar.

PONGKESSU, AGRIANI (2014) Pengembangan Media Presentasi Interaktif untuk Pembelajaran Fisika pada Peserta Didik SMA Negeri 21 Makassar. Diploma thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
AGRIANI PONGKESSU, 2015..doc

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK AGRIANI PONGKESSU, 2015. Pengembangan Media Presentasi Interaktif untuk Pembelajaran Fisika pada Peserta Didik SMA Negeri 21 Makassar. (Dibimbing oleh Ahmad Yani dan Muris) Telah dilakukan penelitian & pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengetahui profil media presentasi interaktif untuk perserta didik kelas XI SMA Negeri 21 Makassar yang valid, (2) mengetahui penilaian praktisi/guru terhadap media presentasi yang dikembangkan, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap media presentasi yang dikembangkan. Media yang dikembangkan divalidasi oleh dua ahli/pakar yang terdiri atas ahli media dan materi. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari praktisi yang merupakan guru fisika SMA/MA sebanyak 2 orang dan objek yaitu peserta didik kelas XI SMA Negeri 21 Makassar jumlah 32 orang. Prosedur pengembangannya menggunakan model four-D (4-D) yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Tahap pendefinisian mencakup (1) analisis awal-akhir, (2) analisis perserta didik, (3) analisis konsep, (4) spesifikasi tujuan. Tahap perancangan mencakup (1) pemilihan media, (2) rancangan awal. Pada tahap pengembangan, dilakukan validasi oleh para ahli dan direvisi sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media presentasi interaktif dan perangkat pembelajaran untuk pembelajaran fisika yang dikembangkan dinyatakan valid sehingga layak digunakan untuk ujicoba, (2) penilaian praktisi/guru terhadap media presentasi interaktif menunjukkan bahwa kedua praktisi setuju bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dan memenuhi indikator yang terkait dengan penilaian media, (3) respon peserta didik terhadap media presentasi interaktif diperoleh tanggapan sangat baik Kata Kunci : Media presentasi, Interaktif, Pembelajaran fisika ABSTRACT AGRIANI PONGKESSU, 2015. Developing Interactive Presentation Media for Physics Learning of Student at SMAN 21 Makassar (supervised by Ahmad Yani dan Muris) Research and development had been conducted which aimed at examming (1) the profile of valid interactive presentation media of class XI students at SMAN 21 Makassar, (2) the assessment of practitioner/teacher toward the presentation media developed, and (3) the students’ response toword the presentation media developed. The media developed was validated by two experts of media and material expert. The subjects consisted of the 3 observers who were the physics teachers of SMA/MA the objects were 32 studentsof class XI at SMAN 21 Makassar. The development procedure referred to 4-Dmodel which consisted of definition phase, design phase, and development phase. The definition phase covered (1) initial and final analysis, (2) student analysis, (3) concept analysis, and (4) task analysis. The design phase covered (1) media selection and (2) initial design. At the development phase, validation was conducted by the experts and revision was made to obtain feasible reasult to be used. The results of the research revealed that (1) the interactive presentation media and learning package developed for Physics learning were confirmed as valid that feasible to be tested, (2) the assessment og practitioner/teacher toward interactive presentation media indicated that both pactitioners agreed that the media developed was feasible to be used and had fulfiled the indicator related to the media assessment, and (3) the students’ response toward interactive presentation media obtained exellent response. Keywords : Presentation Media, Interactive, Physics Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 00:53
Last Modified: 07 Dec 2016 00:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item