HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN IPS DENGAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DI SMA NEGERI 1 BARRU

JUFRI, ROSMAH (2019) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN IPS DENGAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER DI SMA NEGERI 1 BARRU. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL ROSMAH JUFRI.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ROSMAH JUFRI, 2019. Hubungan Antara Motivasi Belajar Siswa Jurusan IPS dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMA Negeri 1 Barru, dibimbing oleh Dr. Muh. Zulfadli, SH. M.Hum, dan Hasni, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran bentuk motivasi belajar siswa jurusan IPS di SMA Negeri 1 Barru (2) Untuk mengetahui gambaran bentuk ujian nasional berbasis komputer di SMA Negeri 1 Barru (3) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar siswa jurusan ips dengan ujian nasional berbasis komputer di SMA Negeri 1 Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survey dengan populasi berjumlah 319 siswa, dan sampel berjumlah 76 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik pengampilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah random sampling. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Barru tergolong dalam kategori “sangat baik” dan ujian nasional berbasis komputer di SMA Negeri 1 Barru tergolong dalam kategori “sangat baik”. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan yang tergolong “cukup kuat” antara motivasi belajar siswa jurusan IPS dengan ujian nasional berbasis komputer di SMA Negeri 1 Barru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Dec 2019 07:32
Last Modified: 26 Dec 2019 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16253

Actions (login required)

View Item View Item