PERILAKU SOSIAL AKTIVIS LEMBAGA DAKWAH SC AL FURQAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Amrillah Ali, Zahir (2019) PERILAKU SOSIAL AKTIVIS LEMBAGA DAKWAH SC AL FURQAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL ZAHIR.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zahir Amrillah Ali 2019, Perilaku Sosial Aktivis Lembaga Dakwah SC Al Furqan Terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, di bimbing oleh Syarifah Balqis dan Herman Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana perilaku sosial aktivis lembaga dakwah SC Al Furqan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, (2) Untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosional aktivis lembaga dakwah SC Al Furqan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, (3) Untuk mengetahui pengaruh perilaku sosial aktivis lembaga dakwah SC Al Furqan terhadap kecerdasan emosional mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi yang terdiri dari dua variabel yaitu perilaku sosial aktivis lembaga dakwah SC Al Furqan (Variabel X) dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa (Variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh pengurus lembaga dakwah SC Al Furqan sebanyak 58 orang. Mengingat jumlah populasi yang relatif sedikit yaitu di bawah 100 sehingga tidak perlu menetukan sampel dari populasi tersebut dengan penentuan sample menggunakan tehnik sampling jenuh atau penentuan jumlah sampel diambil secara keseluruhan sebanyak 100 % atau 58 orang sebagai responden. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) perilaku sosial aktivis lembaga dakwah SC Al Furqan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar berada dalam kategori “Baik” hal dilihat dari indikator Perilaku Dalam Hubungan Sosial dalam kategori yang sangat baik, (2) kecerdasan emosional aktivis lembaga dakwah SC Al Furqan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar berada dalam kategori “Baik” dilihat dari indikator Motivasi dan Empati yang berada dalam kategori sangat baik, dan (3) adanya pengaruh positif dari perilaku sosial aktivis lembaga dakwah SC Al Furqan terhadap kecerdasan emosional mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar berada dalam kategori “Kuat”

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Dec 2019 05:56
Last Modified: 23 Dec 2019 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16236

Actions (login required)

View Item View Item