SURVEI MINAT BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI SMPN 1 MAKASSAR

ZULFIKAR, MUH. (2019) SURVEI MINAT BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI SMPN 1 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MUH.ZULFIKAR.2019,SurveiMinat Belajar pendidikan jasmani di SMPN 1 Makassar, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing olehBapak Irvan Sir dan Bapak Andi Mas jaya). Penelitianiniadalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Minat belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani di SMPN 1 Makassar . Variabeldalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaituMinat siswa dalammengikuti peljaran pendidikan jasmani..Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII 1 yang berjumlah 40 siswa dengan sampel sebanyak30 orang.Pemilihan/penentuan sampel tersebut dilakukan dengan teknik sampling yaitusamplingrandom sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan angket pada sampel. Teknik analisis yang digunakan alam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif, dalam pengelolaan data dari angket, selanjutnya diolah dan dipresentasekan dengan aplikasi Ms. Excel dan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh persentase minat yaitu 76,7 % menyimpulkan bahwa minat siswa dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani di SMPN 1 Makassar. berada pada kategori tinggi yang dipengaruhi oleh bebrapa faktor antara lain:emosi, lingkungan, guru, rasa senang ,perhatian dan teman . Semakin baik pengaruh keenam faktor tersebut maka semakin besar pula minat siswa untuk mengikuti mata elajaran pendidikan jasmani. Kata kunci: minat belajar pendidikan jasmani

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:39
Last Modified: 17 Dec 2019 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16195

Actions (login required)

View Item View Item