Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bilingual Model Kooperatif Tipe STAD Pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV SD

SUKARIA, MUHAMMAD IRFAN (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bilingual Model Kooperatif Tipe STAD Pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV SD. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MUHAMMAD IRFAN SUKARIA.doc

Download (47kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD IRFAN SUKARIA. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bilingual Model Kooperatif Tipe STAD Pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV SD. (dibimbing oleh H. Hamzah Upu dan Suwardi Annas) Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika bilingual model kooperatif tipe STAD kelas IV SD yang valid, efektif, dan praktis. Perangkat pembelajaran tersebut adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku siswa, dan Lembar Kegiatan Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development), Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi dan adaptasi dari model 4-D (Thiagarajan,1974), meliputi empat tahap yaitu (1) Define, mencakup analisis awal akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran, (2) Design, meliputi penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, serta merancang Buku Siswa, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Lembar Kegiatan Siswa, (3) Develop, terdiri dari penilaian ahli dan uji coba lapangan, dan (4) Desseminate. Dalam pengumpulan datanya digunakan (1) lembar validasi perangkat pembelajaran, (2) lembar pengamatan yang meliputi pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, (3) respon siswa terhadap perangkat dan pelaksanaan pembelajaran dan (4) tes hasil belajar. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata total kevalidan buku siswa dan rencana pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori valid. Lembar kegiatan siswa termasuk dalam kategori sangat valid. Analisis keefektifan perangkat pembelajaran menunjukkan rata-rata keseluruhan aktivitas siswa berada pada interval toleransi persentase waktu ideal dengan rata-rata waktu terbanyak yang digunakan selama mengikuti kegiatan pembelajaran adalah kegiatan mempresentasikan/ memperhatikan presentasi kelompok, mengerjakan tugas-tugas dalam lembar kegiatan siswa, respon siswa terhadap penerapan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran matematika bilingual memberikan tanggapan positif sebesar 95,34% siswa, kemampuan rata-rata siswa berada dalam kategori tinggi. Analisis kepraktisan perangkat pembelajaran matematika bilingual model kooperatif tipe STAD berada pada kategori baik. ABSTRACT MUHAMMAD IRFAN SUKARIA. Developing a Bilingual Mathematics Instructional Package Using STAD Cooperative model in the Topic of Fractions for Grade IV. (Supervised by H. Hamzah Upu and Suwardi Annas) This study aimed at producing Bilingual mathematics instructional packages of Grade IV students of SD which were valid, effective, and practical. The packages were Lesson Plan, Student Book, and Student Worksheet. This study was research and development. The utilized developmental model within this study was modification and adaptation of 4-D model (Thiagarajan, 1974), which consisted of four stages, namely: (1) define. This covered front-end analysis, student analysis, content analysis, task analysis, and learning goal analysis; (2) design. This covered making a test, selecting media, selecting format, along with designing student book, lesson plan, and student worksheet; (3) develop. This covered assessment-by-experts and try-out; and (4) disseminate. In collecting data, it was used: (1) a validation sheet of instructional package, (2) an observation sheet. This was for observing teachers’ competence in managing learning activity and student activity, (3) students’ responses to the package and its implementation, and (4) learning achievement test. The data was then analyzed utilizing the descriptive analysis. The research results indicate that the average scores of student book and lesson plan validities are in valid category. Lesson plan is in very valid category. Analysis of the effectivity of instructional package shows that the average of overall student activities is in the tolerance interval of an ideal time percentage, and most activities used in learning are to bend on group presentation, to work task in students worksheets. In addition, students responded positively to the implementation of the instructional package and the practice of Bilingual mathematics instructional as 95.34%. Further, students are in high category. The analysis of the practicality of the instructional package is in good category.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:40
Last Modified: 06 Dec 2016 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1619

Actions (login required)

View Item View Item