Deskripsi Pengajuan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Galesong Utara

ASRULLAH, MUH. (2015) Deskripsi Pengajuan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Galesong Utara. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MUH. ASRULLAH.docx

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK MUH. ASRULLAH, Deskripsi Pengajuan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Galesong Utara. (Dibimbing oleh Abdul Rahman dan Awi Dassa) Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bertujuan mendeskripsikan (i) pengajuan masalah matematika siswa laki-laki bergaya kognitif field independent; (ii) pengajuan masalah matematika siswa perempuan bergaya kognitif field independent; (iii) pengajuan masalah matematika siswa laki-laki bergaya kognitif field dependent; (iv) pengajuan masalah matematika siswa perempuan bergaya kognitif field dependent. Peneliti sebagai instrumen utama dan didukung oleh instrumen lainnya, yaitu tes gaya kognitif, tes pengajuan masalah, dan pedoman wawancara, sedangkan untuk memperoleh data valid dilakukan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (i) siswa laki-laki bergaya kognitif field independent dapat memahami informasi yang diberikan dengan baik dan dapat membuat masalah atau pertanyaan yang memunculkan informasi baru, selain itu kualitas masalah yang diajukan termasuk pada kategori tinggi; (ii) siswa perempuan bergaya kognitif field independent dapat memahami informasi yang diberikan dan dapat membuat masalah atau pertanyaan yang memunculkan informasi baru, selain itu kualitas masalah yang diajukan termasuk pada kategori tinggi; (iii) siswa laki-laki bergaya kognitif field dependent kurang memahami informasi yang diberikan dan tidak dapat membuat masalah atau pertanyaan yang memunculkan informasi baru, selain itu kualitas masalah yang diajukan termasuk pada kategori rendah; (iv) siswa perempuan bergaya kognitif field dependent kurang memahami informasi yang diberikan dan tidak dapat membuat masalah atau pertanyaan yang memunculkan informasi baru. Kualitas masalah yang diajukan termasuk pada kategori rendah. ABSTRACT The study is a qualitative research, which aims at describing (i) the proposed Mathematics problem posing of male students with cognitive field independent style, (ii) the proposed Mathematics problem posing of female students with cognitive field independent style, (iii) the proposed Mathematics problem posing of male students with cognitive field dependent style, and (iv) the proposed Mathematics problem posing of female students with cognitive field dependent style. Researcher as the main instrument and supported by other instruments, namely cognitive style test, problem posing test, and interview, while to obtain valid data used triangulation method. The results of the study indicate that (i) the male students with cognitive field independent style are able to understand well the information given and able to create problems or questions to arise new information; futhermore, the quality of the problems is in high category, (ii) the female students with cognitive field independent style are able to understand the information given and able to create problems or questions to arise new information; futhermore, the quality of the problems is in high category, (iii) the male students with cognitive field dependent style are lack of coprehension on the information given and cannot create problems or questions to arise new information; futhermore, the quality of the problems is in low category, (iv) the female students with cognitive field dependent style are lack of coprehension on the information given and cannot create problems or questions to arise new information; futhermore, the quality of the problems is in low category.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:34
Last Modified: 06 Dec 2016 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1617

Actions (login required)

View Item View Item