KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI SDN MACCINI IV MAKASSAR

SAKTI, BASO MUH. FADLY (2019) KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI SDN MACCINI IV MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK BASO MUH. FADLY SAKTI, 2019. Kontribusi kekuatan otot lengan dan kordinasi mata-tangan terhadap kemampuan servis bawah dalam permainan bolavoli SDN Maccini IV Makassar. Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis bawah, koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan servis bawah, dan kontribusi kekuatan otot lengan dan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan servis bawah SDN Maccini IV Makassar. Variable dalam penelitian ini yakni variable bebas adalah kekuatan otot lengan dan koordinasi mata-tangan. Sedangkan variable terikat adalah kemampuan servis bawah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Adapun yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah murid SDN Maccini IV Makassar, melalui penarikan sampel dengan teknik random dari murid SDN Maccini IV Makassar, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 30 siswa laki-laki kelas V dan VI. Berdasarkan kajian teori dikemukakan dalam tinjauan pustaka dan kerangka berpikir serta hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut (1) Ada kontribusi yang signifikan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis bawah bolavoli murid SDN Maccini IV Makassar. (2) Ada kontribusi yang signifikan koordinasi mata tangan terhadap kemampuan servis bawah bolavoli murid SDN Maccini IV Makassar. (3) Ada kontribusi yang signifikan kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan dan kemampuan servis bawah bolavoli murid SDN Maccini IV Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > PGSD D2 Dikjas
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Dec 2019 01:30
Last Modified: 16 Dec 2019 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16169

Actions (login required)

View Item View Item