PROSES PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BENTUK PADA KELAS VII SMP SWASTA JAYA NEGARA MAKASSAR

Asa’ad, Suhartini (2019) PROSES PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BENTUK PADA KELAS VII SMP SWASTA JAYA NEGARA MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suhartini Asa’ad, 2019, “Proses Pembelajaran Menggambar Bentuk Pada Kelas VII SMP Swasta Jaya Negara Makassar”. Skripsi; Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh H. Abd. Aziz Ahmad dan H. Ali Ahmad Muhdy. Masalah penelitian ini berfokus pada proses pembelajaran menggambar bentuk di SMP Swasta Jaya Negara Makassar. Pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), seni rupa tergabung dalam pembelajaran seni budaya, di mana seni budaya tersebut juga tidak hanya terfokus dalam memberikan materi tentang seni rupa saja, ada seni musik, seni tari, seni teater, seni film, dan seni sastra serta pengetahuan tentang seni secara meluas yang diberikan kepada siswa. Hal ini menyebabkan siswa tidak memiliki pengetahuan secara mendalam tentang seni rupa, meski begitu siswa tetap dituntut untuk memahami konsep yang merupakan pendukung dalam memahami materi yang akan dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan serta untuk memperoleh data dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam proses pembelajaran menggambar bentuk pada kelas VII SMP Swasta Jaya Negara Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII SMP Swasta Jaya Negara Makassar dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kepustakaan dan teknik lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data non statistik yaitu dengan menggunakan data yang bersifat kualitatif atau non kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan : 1) Proses pembelajaran menggambar bentuk pada kelas VII di SMP Swasta Jaya Negara Makassar terdiri atas: a) Perencanaan Pembelajaran dilakukan dengan membuat RPP, dengan terlebih dahulu menyiapkan kalender pendidikan, rencana pekan efektif, dan alokasi waktu pembelajaran, b) Pelaksanaan pembelajaran menggambar bentuk meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, c) Evaluasi Pembelajaran dilakukan dengan melakukan penilaian terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu dengan melihat hasil gambar yang dibuat oleh siswa pada akhir kegiatan. 2) Faktor yang menjadi pendukung yaitu: harga alat dan bahan terjangkau dan mudah diperoleh, adanya buku paket untuk guru sehingga memudahkan dalam memperoleh referensi materi. 3) Faktor yang menjadi penghambat dalam pembelajaran menggambar bentuk yaitu: kurangnya penguasaan prinsip-prinsip menggambar bentuk siswa, dan bakat yang kurang sehingga memengaruhi kemampuan siswa dalam menggambar bentuk, tidak adanya buku paket yang tersedia untuk siswa sebagai referensi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 06:53
Last Modified: 11 Dec 2019 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16140

Actions (login required)

View Item View Item