PEMBUATAN HIASAN DINDING DARI BAHAN KULIT JAGUNG DALAM PEMBELAJARAN PRAKARYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR

.Ikbal, Sri Arsi M (2019) PEMBUATAN HIASAN DINDING DARI BAHAN KULIT JAGUNG DALAM PEMBELAJARAN PRAKARYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
SRI ARSI M.IKBAL 1481042017 (JURNAL).pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sri Arsi M. Ikbal, 2019. “Pembuatan Hiasan Dinding dari Bahan Kulit Jagung dalam Pembelajaran Prakarya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses pembuatan hiasan dinding dari limbah kulit jagung oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar. (2) Hasil karya hiasan dinding dari limbah kulit jagung oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian survei menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kegiatan berkarya siswa dalam pembelajaran prakarya dan hasil karya siswa berupa hiasan dinding yang terbuat dari kulit jagung, dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu; (1) Proses pembelajarannya menggunakan kurikulum 2013, dimana peserta didik harus lebih aktif dan guru sebagai fasilitator. Adapun langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran peserta didik, (2) menyampaikan tujuan pembelajaran, (3) memberikan meteri pembelajaran kepada peserta didik, (4) memberikan tugas kepada peserta didik, (5) menarik kesimpulan pembelajaran, (6) menutup pembelajaran dengan menyampaikan materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya, (7) peserta didik membaca do’a dan mengondisikan kelas. Untuk membuat hiasan dinding sebagai tugas peserta didik dimulai dengan mempersiapkan alat dan bahan, menggunting/ memotong kertas duplex, menggunting kertas karton manila, menempelkan kertas karton manila di atas kertas duplex, merangkai kulit jagung, menempelkan rangkaian di atas media yang telah tersedia. (2) Hasil karya Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mangarabombang berjumlah 22 karya, objek yang ditampilkan berupa tumbuhan. Berdasarkan kriteria penilaian seni kerajinan dari aspek ide atau gagasan karya yang ditampilkan pada penelitian ini berupa tumbuhan, dari aspek wujud yang berhubungan dengan prinsip– prinsip komposisi meliputi proporsi dan keseimbangan, sebagian besar karya peserta didik masih kurang tepat dalam penempatan objek, dari aspek penguasan teknik peserta didik sudah mampu merangkai karya dengan teknik membentuk dan menempel, dari aspek penguasaan bahan peserta didik menggunakan semua bahan yang tersedia dan menggunakan sesuai dengan fungsinya dan dari aspek krativitas, karya peserta terlihat cukup kreatif dengan menampilkan beberapa bentuk tambahan seperti pita dan pot sehingga karya telihat lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 06:39
Last Modified: 11 Dec 2019 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16138

Actions (login required)

View Item View Item