Kasliyanto, Kasliyanto (2014) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Iklim Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Regulasi Diri Dalam Belajar, Perilaku Belajar dan Kecemasan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Ambon. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Kasliyanto.docx Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK Kasliyanto,2014.PengaruhKecerdasanEmosionaldanIklimSekolahterhadapHasilBelajarMatematikamelaluiRegulasiDiriDalamBelajar, PerilakuBelajardanKecemasanBelajarSiswaKelas X SMA Negeri di Kota Ambon.(dibimbing oleh HisyamIhsandan SuwardiAnnas). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang dipengaruhi faktor internal dan faktor eksternal. Selain faktor tersebut mempengaruhi hasil belajar, faktor-faktor tersebut juga saling mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui deskripsi kecerdasan emosional, iklim sekolah, regulasi diri dalam belajar,perilaku belajar, kecemasan belajar dan hasil belajar matematika siswa; (2) Mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui regulasi diri dalam belajar dan kecemasan belajar siswa; (3) Mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh iklim sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui perilaku belajar dan kecemasan belajar siswa; (4) Mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh regulasi diri dalam belajar terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kecemasan belajar siswa; (5) Mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar siswa matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kecemasan belajar siswa; (6) Mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh langsung kecemasan belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Ambon tahun pelajaran 2013/2014. Data dikumpulkan melalui 245 sampel yang terpilih dengan teknik proporsionalstratified random sampling. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Model Persamaan Struktural (SEM). HasilPenelitianmenunjukkanbahwa: (1)Rata-rata siswakelas X SMA Negeri di kotaAmbon memiliki: kecerdasanemosional dengan kategori tinggi, iklimsekolahdengan kategori kondusif, regulasidiridalambelajardengan kategori sedang,perilakubelajardengankategoribaik,kecemasanbelajardengankategorisedangdan hasilbelajarmatematikadengankategori sedang; (2) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui regulasi diri dalam belajar dan kecemasan belajar; (3) Iklim sekolah berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kecemasan belajar namuntidak berpengaruh secaratidaklangsungmelalui perilaku belajar; (4) Regulasi diri dalam belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematikabaiksecaralangsungmaupuntidaklangsungmelalui kecemasan belajar; (5)Perilaku belajar secaralangsungberpengaruh positif terhadap hasil belajar matematikanamun tidak berpengaruh secaratidaklangsungmelalui kecemasan belajar; (6) Kecemasan belajar secaralangsungberpengaruhnegatifterhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 07:27 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 07:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1613 |
Actions (login required)
View Item |