Deskripsi Persepsi Guru Matematika Berstatus Sertifikasi terhadap Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada SMP Negeri di Kota Parepare

KAMARIAH, KAMARIAH (2013) Deskripsi Persepsi Guru Matematika Berstatus Sertifikasi terhadap Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada SMP Negeri di Kota Parepare. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
KAMARIAH.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK KAMARIAH. 2013. Deskripsi Persepsi Guru Matematika Berstatus Sertifikasi terhadap Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada SMP Negeri di Kota Parepare. (Dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Nurdin Arsyad). Kesulitan belajar matematika dapat dialami oleh siswa dengan tingkat kemampuan manapun dari kalangan atau kelompok manapun. Kesulitan belajar matematika juga terjadi pada siswa sekolah menengah pertama di Kota Parepare. Dengan adanya kesulitan belajar matematika siswa, timbul pertanyaan mengapa hal ini bisa terjadi dan sebagai tenaga pendidik, bagaimana persepsi guru mengenai kesulitan belajar matematika. Guru yang berstatus sertifikasi telah memenuhi beberapa kriteria, diantaranya mengajar sesuai dengan bidangnya, telah memenuhi spesifikasi jenjang pendidikan tertentu, serta memiliki masa kerja yang cukup lama dalam mengajarkan mata pelajaran matematika sehingga dipandang dapat memberikan informasi berdasarkan pengetahuan dan pemahamannya dalam memahami kondisi-kondisi yang dapat menjadi penyebab timbulnya kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika. Oleh karena itu, pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi persepsi guru matematika berstatus sertifikasi terhadap kesulitan belajar matematika siswa pada SMP Negeri di Kota Parepare?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru matematika berstatus sertifikasi terhadap kesulitan belajar matematika siswa pada SMP Negeri di Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif-eksplanatif dengan teknik pengumpulan data non tes melalui kuesioner terbuka dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) persepsi guru matematika mengenai penyebab kesulitan belajar dominan mengungkap penyebab psikologis, diantaranya rendahnya minat atau motivasi sebagai penyebab kesulitan belajar matematika siswa; (ii) persepsi guru matematika mengenai gejala yang menjadi indikator adanya kesulitan belajar matematika yang paling banyak diungkap adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru; (iii) persepsi guru mengenai cara yang dilakukan untuk menyelidiki adanya kesulitan belajar matematika yang paling umum dilakukan adalah melalui dokumentasi dengan melihat hasil tes atau tugas masing-masing siswa; (iv) persepsi guru mengenai contoh kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika yang banyak diungkap ada pada standar kompetensi memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah yang diajarkan pada semester ganjil kelas VII sekolah menengah pertama; dan (v) persepsi guru mengenai upaya yang dilakukan untuk mengatasi adanya kesulitan belajar matematika siswa sangat beragam sesuai dengan pengalaman masing-masing. Hanya ada beberapa guru yang melakukan bimbingan kelompok dan bimbingan individual. ABSTRACT KAMARIAH. 2013. The Description of Certified Math Teacher Perception to the Student's Mathematics Learning Difficulty of SMP Negeri in Parepare. (Supervised by Baso Intang Sappaile and Nurdin Arsyad). Difficulties in learning Mathematic can happen to students in any level and form any groups. Learning difficulties on Mathematic also happen to students at junior high school in Parepare. Thus, question arises for the difficulties in learning Mathematic. Teachers who have certification have already met several criterion among others were teaching suitable with the background of study, fulfilled the specification of certain level of education, long working experience in teaching Mathematic that teachers could provide information based on their knowledge and understanding in comprehending conditions which caused the difficulties experienced by students in learning Mathematic. Therefore, the question of the study was how was the perception of certified Mathematic teachers toward students’ learning difficulties on Mathematic at SMPN in Parepare?. The study aimed at describing the perception of certified Mathematic teachers toward students’ learning difficulties on Mathematic at SMPN in Parepare. The study employed qualitative approach with deskriptive explanative. Data were collected by using open questionnaire and interview. The results of the study revealed that (i) perception of Mathematic teachers on the cause of learning difficulties due to psychological problem such as low interest or motivation in learning Mathematic; (ii) perception of Mathematic teachers on the symptom as the indicator of having learning difficulties on Mathematic was mainly due to low competence of students in completing tasks given by teachers; (iii) perception of teachers on the way to examine problems in Mathematic was through documentation of test result or task of each student; (iv) percetion of teachers on the difficulties experienced by students in learning Mathematic was on the standard of competence in understanding number arithmetic operation and its use in problem solving taught on the first semester, and (v) perception of teachers on the efforts to overcome Mathematic problems was various based on each of teachers experience. Only several teachers conducted group counseling and individual counseling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:25
Last Modified: 06 Dec 2016 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item View Item