Keefektifan Pembelajaran Matematika Materi Program Linier Melalui Penerapan Kombinasi Model Kooperatif Tipe TGT Dan Tipe NHT Pada Kelas XII IA SMAN 1 Pituriawa

JUSWANI, JUSWANI (2015) Keefektifan Pembelajaran Matematika Materi Program Linier Melalui Penerapan Kombinasi Model Kooperatif Tipe TGT Dan Tipe NHT Pada Kelas XII IA SMAN 1 Pituriawa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JUSWANI.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK JUSWANI.“KeefektifanPembelajaranMatematikaMateri Program Linier MelaluiPenerapanKombinasi Model KooperatifTipe TGT Dan Tipe NHT PadaKelas XII IA SMAN 1 Pituriawa”.(DibimbingolehDr.H.Djadir, M.Pd. dan Dr. Muhammad Darwis, M.Pd.) Jenispenelitianiniadalahpraeksprimen yang bertujuanuntukmengetahuikeefektifanpembelajaranmatematikamelaluipenerapankombinasi model kooperatiftipeTGT dantipe NHT yang meliputi: (1) aktivitassiswa, (2) Aktivitas guru dalammengelolapembelajaran, (3) responssiswa, (4) pencapaianprestasibelajarmatematikasiswasebelumpenerapankombinasi model kooperatiftipe TGT dantipe NHT, dan (5) pencapaianprestasibelajarmatematikasiswasetelahpenerapanpembelajaranmatematikamelaluipenerapankombinasikooperatiftipeTGT dantipe NHT. Ada tidaknyapeningkatanprestasibelajarsiswapadamateri program linier yang diajardengankombinasi model kooperatiftipeTGT dantipe NHT.Penelitianinidilaksanakan di SMAN 1 Pituriawa.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXII IA (semester ganjiltahunpelajaran 2014/2015), yang terdiridari 2 (dua) kelas.Teknikpengambilansampeldengancluster random sampling, jumlahsampelsebanyak 28 siswa. Data tentangkemampuan guru mengelolapembelajarandanaktivitassiswadiperolehdenganmenggunakanlembarobservasidanuntuk data hasilbelajar program linier siswadigunakantesprestasibelajar.Sedangkanresponssiswaterhadappembelajarandiperolehdenganmenggunakanangket.Analisis data yang digunakanadalahanalisisstatistikdeskriptifuntukmendeskripsikanprestasibelajarsiswa, kemampuan guru mengelolapembelajaran, aktivitassiswasertaresponssiswadananalisisinferensialuntukmengujihipotesispenelitiandenganmenggunakanuji-t Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: (1) hasilbelajarsiswasetelahdiajardengankombinasi model kooperatiftipeTGT dantipe NHTmencapaiketuntasanbelajar 96,43 % mencapai KKM dengannilai rata-rata 83,04darinilai ideal 100 denganstandardeviasi 10,04, hasilbelajarsiswamengalamipeningkatan yang signifikan, (2) kemampuan guru mengelolapembelajaranberadadalamkategorisangatbaik, (3) aktivitassiswaterhadappembelajarankombinasi model kooperatiftipeTGT dantipe NHT beradapadakategoribaik, (4) siswamemberikanresponspositifterhadappembelajaran. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwapembelajaranmatematikamateri program linier melaluikombinasikooperatiftipeTGT dantipe NHT efektifditerapkanpadasiswakelas XII IA SMAN 1 Pituriawa, sehinggaimplikasidarihasilpenelitianinidiharapkankepada guru matematika SMAN 1 Pituriawa agar menerapkankombinasikooperatiftipeTGT dantipe NHTdalampembelajaranmatematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:23
Last Modified: 06 Dec 2016 07:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item View Item