TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA BUGIS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BARRU KABUPATEN BARRU

Khaerunnisa, Khaerunnisa (2019) TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA BUGIS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BARRU KABUPATEN BARRU. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NISA.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khaerunnisa, 2019. Tindak Tutur Direktif Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Bugis di Kelas VII SMP Negeri 1 Barru Kabupaten Barru. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Idawati Garim dan Sakinah Fitri). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) jenis-jenis tindak tutur direktif yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Bugis di kelas VII SMP Negeri 1 Barru kabupaten Barru; (2) fungsi tindak tutur direktif yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Bugis di kelas VII SMP Negeri 1 Barru kabupaten Barru; dan (3) tindak tutur direktif yang sering muncul dalam pembelajaran bahasa Bugis di kelas VII SMP Negeri 1 Barru kabupaten Barru . Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan desain deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan tindak tutur direktif pada saat pembelajaran bahasa Bugis di Kelas VII SMP Negeri 1 Barru Kabupaten Barru. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, dan teknik rekam.Prosedur analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu pereduksian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini dengan melakukan langkah-langkah perpanjangan pengamatan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan tindak tutur guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Bugis di kelas VII SMP Negeri 1 Barru kabupaten Barru memiliki jenis dan fungsi tindak tutur direktif. Jenis tindak tutur direktif yang sering muncul dalam pembelajaran bahasa Bugis di kelas VII SMP Negeri 1 Barru kabupaten Barru yaitu jenis pertanyaan berupa fungsi bertanya Tindak tutur guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Bugis di kelas VII SMP Negeri 1 Barru kabupaten Barru terdapat 63 tuturan direktif yang dikategorikan 3 jenis tindak tutur direktif dan terdapat 3 fungsi tindak tutur direktif. Jenis tindak tutur direktif yang ditemukan yaitu permintaan (Parillauang), pertanyaan (Pakkutana), perintah (parẻnta). Fungsi tindak tutur direktif yang ditemukan meliputi: fungsi meminta, fungsi bertanya dan fungsi memerintah. Kata Kunci : Tindak Tutur Direktif dan Pembelajaran Bahasa Bugis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2019 02:56
Last Modified: 06 Dec 2019 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16072

Actions (login required)

View Item View Item