Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Pecahan dan Alternatif Pemecahannya di Kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala Kota Baubau

LESTARI, DIAN (2014) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Pecahan dan Alternatif Pemecahannya di Kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala Kota Baubau. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
DIAN LESTARI.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK DIAN LESTARI. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Pecahan dan Alternatif Pemecahannya di Kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala Kota Baubau (dibimbing oleh Djadir dan Muh. Darwis M). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Strategi yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Nganganaumala Kota Baubau. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal operasi bilangan pecahan pada kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala Kota Baubau, (2) Mengetahui penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bilangan pecahan pada kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala Kota Baubau, dan (3) Mengetahui alternatif pemecahan yang baik untuk memperbiki kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal operasi pecahan pada kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala Kota Baubau. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes diagnostik, (2) pedoman wawancara semi terstruktur, (3) Alternatif pemecahan tes diagnostik, dan (4) tes setelah pemberian alternatif pemecahan soal. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes diagnostik, wawancara, pemberian alternatif pemecahan tes diagnostik dan pemberian tes setelah alternatif pemecahan soal. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yang terbagi atas 2 orang siswa yang melakukan kesalahan sedikit, 2 orang siswa yang melakukan kesalahan sedang dan 2 orang siswa yang melakukan banyak kesalahan. Hasil Penelitian ini adalah (1) letak kesalahan subjek kategori yang sedikit melakukan kesalahan adalah transformation error, procces skill error dan encoding error, (2) letak kesalahan subjek kategori yang melakukan kesalahan sedang adalah reading error, comprehension error, transformation error procces skill error dan encoding error, (3) letak kesalahan subjek kategori yang melakukan banyak kesalahan adalah reading error, transformation error, comprehension error, process skill error, dan encoding error. Pada subjek kategori yang melakukan kesalahan sedang tidak melakukan kesalahan pada setiap indikator kesalahan sedangkan pada subjek kategori yang melakukan banyak kesalahan melakukan kesalahan disetiap indikator, (4) Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa antara lain adalah siswa tidak memahami soal dengan baik, siswa kurang memahami bentuk-bentuk pecahan senilai, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengurutkan dan membandingkan pecahan, siswa masih mengalami kesulitan dalam operasi pada pecahan serta masih banyak siswa yang lupa menuliskan kesimpulan dari jawaban mereka. (5) Alternatif mengatasi kesalahan siswa antara lain adalah memberikan saran kepada siswa untuk memahami soal dengan baik sebelum mengerjakan soal, memberikan banyak latihan tentang operasi pecahan. (6) Pemberian alternatif pemecahan dianggap dapat mengurangi kesalahan siswa yang dapat dilihat dari banyaknya siswa yang menjawab soal dengan benar walaupun masih ada siswa yang masih melakukan kesalahan-kesalahan lain dalam penyelesaian soal pada tes kedua. ABSTRACT DIAN LESTARI. 2014. Analysis Of Students’ Error in Solving Fraction Problems and Alternative to Solve the Problems in Grade V of SDN 2 Nganganaumala in Baubau (Supervesed by Djadir and Muh. Darwis M). The study was a qualitative research. The strategy used was qualitative descriptive method which was held in SDN 2 Nganganaumala in Baubau. The study aimed (1) to identity and to analyze the error perfomed by students in solving fraction problems at grade V of SDN 2 Nganganaumala in Baubau, (2) to find out the causes of errors perfomed by students in solving fraction problems at grade V of SDN 2 Nganganaumala in Baubau, and (3) to find out good alternative to fix the error perfomed by students in fraction problems at grade V of SDN 2 Nganganaumala in Baubau. The instruments used in the study were (1) diagnostic test, (2) semi-structured interview guide, (3) diagnostic test solving alternative, and (4) test after giving solving alternatives. Data were collected by giving the diagnostic test, interviewing, giving the diagnostic test solving alternatives, and giving test after the solving problems alternatives. The subjects in the study were 6 people divided into 2 students who performed the least errors, 2 students who made medium errors, and 2 students who made the most errors. The results of the study revealed that (1) the category of the least errors make by the subjects are transformation error, process skill error, and encoding error, (2) the category of the medium errors made by the subjects are reading error, comprehension error, transformation error, process skill error, and encoding error, (3) the category of the most errors make by the subjects are reading error, transformation error, comprehension error, process skill error, and encoding error. The subject with medium errors do not make errors in each indicators; while the subjects with the least errors make errors in each indicators, (4) the cause of errors perform by the students are they did not understand the questions well, they do not understand the forms of fractions, they have difficulty in fraction, and they forget writing the conclusion in their answers, (5) the solving alternatives of students’ problems are to suggest the students to understand the questions well before working on it, provides lot of practices on fractions (6) giving the solving alternatives of the problems which are considered being able to reduce students' errors which can be seen at many students answer correctly, although they still make other errors on their second test solving.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 06:54
Last Modified: 06 Dec 2016 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item View Item