Peningkatan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Palopo

AMIN, ANITA (2014) Peningkatan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Palopo. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Auliaul Fitrah Samsuddin.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK ANITA AMIN. Peningkatan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Palopo. (Dibimbing oleh Usman Mulbar dan Ilham Minggi) Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk menjelaskan tentang pengaruh penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Palopo. (ii) Untuk menjelaskan tentang pengaruh penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), sesuai dengan hakekat penelitian tindakan kelas maka prosedur pelaksanaan penelitian untuk masing-masing siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan dan observasi (action & observation), serta refleksi dan evaluasi (reflection & evaluation). Teknik pengumpulan data berupa angket, lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Palopo, Kecamatan Wara, Kota Madya Palopo, Provinnsi Sulawesi Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Palopo, tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan dan 23 perempuan. Tindakan yang diberikan adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek . Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terbagi dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan selama 5 kali pertemuan dengan satu kali pertemuan untuk tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi trigonometri. (2) Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek mengalami peningkatan baik dari pratindakan ke siklus I, maupun dari siklus I ke siklus II, secara nyata yaitu rata-rata skor perolehan siswa 54,08 pada siklus I meningkat menjadi 75,31 pada siklus II. Demikian pula dari jumlah siswa, pada siklus I hanya 9 orang atau 26% pada kategori tinggi atau sangat tinggi dan di siklus II meningkat menjadi 30 orang atau 86% pada kategorri tinggi atau sangat tinggi. Disamping itu pula dengan diterapkannya pembelajaran berbasis proyek, berdampak pada aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan kearah yang positif, aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori baik dan sangat baik, serta siswa juga memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran. ABSTRACT ANITA AMIN.2014. Enhancement of interest and the Ability to Solve Mathematics Problems through the implementation of Project-based Learning of Grade Xk Students at SMAN 3 Palopo (supervised by Usman Mulbar and Ilham Minggi). The study at examining (1) the influence of the implementation of project-based learning in the enhancing students learning interest on Mathematics of grade Xk students at SMAN 3 Palopo. (2) the influence of project-based learning in enhancing the ability to solve mathematics problems of grade Xk students at SMAN 3 Palopo. The study is classroom action research conducted in two cycles with the following procedures: planning, action and observation, and reflection and evaluation. Data were collected by employing questionnaire of interest, test of ability to solve problems questionnaire of students’ response, observation sheet of students’ activity, and observation sheet of teacher’s activity in managing the learning. The study was conducted at SMAN 3 Palopo of the second semester of academic year 2013/2014 with as many as 35 people. The result of the study reveal that (1) the implementation of project-based learning can improved students’ learning interest on Trigonometry subject which is in the category of interested and extremely interested, students’ ability in solving mathematics problem by employing project-based learning is improve both in pre-action of cycle I to cycle II with the mean score from 54,18 in cycle I improved to 75,31 in cycle II. In addition, the number of students is in high category or extremely high category which achieved 86%. Besides, the implementation of project-based learning causing improvement of students activity to positive direction and students gave high response toward the learning applied.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 06:49
Last Modified: 06 Dec 2016 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1594

Actions (login required)

View Item View Item