Komparasi Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII MTS Tanuntung Kabupaten Bulukumba, Materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar

REZKI, ANDI SUCIYANTI (2015) Komparasi Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII MTS Tanuntung Kabupaten Bulukumba, Materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ANDI SUCIYANTI REZKI.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK ANDI SUCIYANTI REZKI. Komparasi Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII MTS Tanuntung Kabupaten Bulukumba, Materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar ( dibimbing oleh Ruslan dan Usman ) Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui perbandingan keefektifan antara model pembelajaran berbasis masalah dan model kooperatif tipe STAD pada materi bangun ruang sisi datar. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) aktivitas siswa, (2) respons siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple Random Sampling. Siswa Kelas VIIIA sebagai kelas eksprimen I, diberikan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual dan kelas VIIIB sebagai eksprimen II diberikan pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan Model pembelajaran berbasis masalah berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 85,57, median 85, modus 95danstandar deviasi9,49. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan taraf signifikan 0,04. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori sangatbaik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berada pada kategori sedang dengan rata-rata 81, median 80, modus 85 dan standar deviasi 7,93. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, diperoleh taraf signifikan 0,041. Aktivitas siswa dalam pebelajaran minimal berada pada kategori baik serta respons siswa terhadap perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan materi pokok bangun ruang sisi datar dikelas VIII MTS Tanuntung Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 06:45
Last Modified: 06 Dec 2016 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item