Pengaruh Penggunaan Lembar Soal Kontekstual (LSK)Setting Kooperatif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Pokok Materi Sistem Koloid pada siswa SMA Negeri 2 Takalar

JUMRAH, JUMRAH (2011) Pengaruh Penggunaan Lembar Soal Kontekstual (LSK)Setting Kooperatif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Pokok Materi Sistem Koloid pada siswa SMA Negeri 2 Takalar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jumrah.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK JUMRAH. 2011. Pengaruh Penggunaan Lembar Soal Kontekstual (LSK)Setting Kooperatif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Pokok Materi Sistem Koloid pada siswa SMA Negeri 2 Takalar. (dibimbing oleh Sudding dan Netti Herawati) Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan lembar soal kontekstual (LSK) setting kooperatif terhadap motivasi belajar kimia pokok materi sistem koloid pada siswa SMA Negeri 2 Takalar (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan lembar soal kontekstual (LSK) setting kooperatif terhadap hasil belajar kimia pokok materi sistem koloid pada siswa SMA Negeri 2 Takalar.(3) Untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia pokok materi sistem koloid pada siswa SMA Negeri 2 Takalar. Pelaksanaan penelitian melalui dua tahap, yakni tahap persiapan, dan tahap pelaksanaan.Pada tahap persiapan dibuat perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan instrumen penelitian. Pada tahap pelaksanaan meliputi proses penentuan populasi dan sampel penelitian, pelaksanan tes awal serta penggunaan lembar soal kontekstual di akhir pertemuan..Pada tahap akhir diberikan tes hasil belajar dan lembar respon siswa.Pengambilan sampel yang digunakan metode random class atau secara acak dari populasi terpilih.Data hasil belajar siswa digunakan tes hasil belajar.Sedangkan data respon siswa diperoleh dengan menggunakan angket yang diberikan kepada siswa pada akhir penelitian.Analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta respon siswa, dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t.dankorelasi Pearson (uji-r). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Dengan melihat nilai rata-rata dan rata-rata gain skor dari kelas eksperimen dan kelas kontrol , demikian pula nilai rata-rata total dari angket motivasi dari dua kelas tersebut menunjukkan perbedaan yang signifikan dimana kelas eksperimen rata-rata totalnya lebih tinggi dari kelas kontrol. Ini berarti secara rata-rata pembelajaran dengan menggunakan Lembar Soal Kontekstual (LSK) Setting Kooperatif meningkatkan motivasi belajar yang lebih baik dari pada pembelajaran konvensional saja. (2) Berdasarkan hasil uji-t data diperoleh dengan sig. = 0,004 yang berarti secara statistik hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan rata-rata hasil belajar melalui pembelajaran dengan menggunakan Lembar Soal Kontekstual (LSK) Setting Kooperatif (3) Berdasarkan hasil analisis korelasi Pearson dipeorleh r = 0,790 dan sig. = 0,000. Ini berarti bahwa hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kimia pokok materi sistem koloid pada siswa SMA Negeri 2 Takalar adalah signifikan dan kuat.(4) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran baik. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Lembar Soal Kontekstual (LSK) setting kooperatif mempunyai pengaruh positif diterapkan pada pembelajaran kimia pokok materi sistem koloid pada SMA Negeri 2 Takalar. ABSTRACT Jumrah. 2011. The Influence of The Implementation of Contextual Test Sheet (CTS) of Cooperative Setting toward Students’ Motivation and Learning Outcomes on Main Subject Colloidal System of Students in SMA Negeri 2 Takalar (under the supervision of Sudding and Netti Herawati). This research aimed at: (1) identifying the influence of the implementation of Contextual Test Sheet (CTS) of Cooperative Setting toward Students’ Motivation and Learning Outcomes on Main Subject Colloidal System of Students in SMA Negeri 2 Takalar, (2) identifying the influence of the implementation of CTS of Cooperative Setting toward Students’ Motivation and Learning Outcomes on Main Subject Colloidal System of Students in SMA Negeri 2 Takalar, (3) determining the influence of students’ learning motivation toward their learning outcomes on the main subject colloidal system of students in SMA Negeri 2 Takalar. This research was implemented through three stages; those are preparation, implementation, and data collection. On the preparation stage, learning tools was made include the lesson plan and research instument.The implementation stage include the process of the determining the population and sample, the implementation of initial test and the use of contextual test sheet at the end of meeting. On the last stage, test of learning outcomes and students’ response sheet were given, Sample was taken through random class from selected population. Studens’ test was used to take data of of students’ learning outcomed. Data of students’ response were obtained using a questionnaire given to students at the end of research. Descriptive analysis was applied to describe students’ learning outcomes, theacher’s ability to manage the lesson, and students’ response and inferential analysis was applied to test the hypothesis of the reseaarch by employing t-test and pearson correlation (r-test). The result shows that; (1) by looking at the evarage gain scores of experimental class and control class, as well as the evarage total value of the questionnaire motivations of the two classes showed significant differences in the experimental classwhere the evarage total is higher than the control class.It means that, on evarage, learning by the using the CTS of cooperative setting enhance the larning motivation of students wich is better than conventional learning. (2) Base on the t-test, it obtained sig, = 0,004, wich means that statistically the null hypothesis is rejected and the altenative hypothesis is accepted. It means there is significant influence of learning outcomes by implementation CTS og cooperative setting. (3) Base on analysis of pearson correlation, it was obtained r = 0,790 and sig, = 0,000. It means that there is significant and strong correlation between learning motivation and students’ learning outcomes on the main subject colloidal system on students of SMA Negeri 2 Takalar. Base on this research, it is concluded that learning by using CTS of Cooperative Setting has positive influence on chemistry lesson of main subject colloidal system at SMA Negeri 2 Takalar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 03:48
Last Modified: 06 Dec 2016 03:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1587

Actions (login required)

View Item View Item