Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik pada Materi Pokok Larutan Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 1 Namlea

RIJAL, SYAMSU (2014) Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik pada Materi Pokok Larutan Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 1 Namlea. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SYAMSU RIJAL.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK SYAMSU RIJAL. Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik pada Materi Pokok Larutan Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 1 Namlea (Dibimbing oleh Muhammad Anwar dan Ramdani). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok larutan asam basa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Namlea. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Namlea tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 64 orang. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi yang ada dijadikan sebagai subjek penelitian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS versi 20 menggunakan analisis one way Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok larutan asam basa di kelas XI SMA Negeri 1 Namlea, (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok larutan asam basa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Namlea, (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Namlea. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Model Pembelajaran Langsung, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar. ABSTRACT SYAMSU RIJAL. 2014. The Influence of Learning Model and Learning Motivation toward Learning Result of Chemistry on Subject Material is Acid-Base Solvent of Grade XI Students at SMAN 1 Namlea (supervised by Muhammad Anwar and Ramdani). The study aims at examining the influence of learning model and learning motivation toward learning result on subject material is Acid-Base solvent of grade XI students at SMAN 1 Namlea. The study is a quasi-experiment using factorial 2x3 design. The population of the study was 64 grade XI IPA students a SMAN 1 Namlea of academic year 2013/2014. Samples were taken from the population as the subject of the study. Hypothesis test was conducted using SPSS version 20 program of one way Anova analysis. The results of the study reveal that (1) the influence of by STAD cooperative learning model and direct learning model toward learning result on Acid-Base solvent of grade XI students at SMAN 1 Namlea, (2) there is influence of learning motivation toward learning result on Acid-Base solvent of grade XI students at SMAN 1 Namlea, (3) there is no interaction between learning model and learning motivation in influencing the learning result learning grade XI students at SMAN 1 Namlea. Keywords: STAD cooperative learning model, direct learning model, learning motivation, and learning result.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 03:40
Last Modified: 06 Dec 2016 03:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item