Pengembangan Perangkat pembelajaran Kimia Hidrokarbon dengan Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Makromedia.

HERAWATY I, RISNA (2014) Pengembangan Perangkat pembelajaran Kimia Hidrokarbon dengan Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Makromedia. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RISNA HERAWATY I.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK RISNA HERAWATY I. 2014. Pengembangan Perangkat pembelajaran Kimia Hidrokarbon dengan Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Makromedia. (Dibimbing oleh Muh. Danial dan Munir Tanrere). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah sistematis pengembangan perangkat Pembelajaran Kimia Hidrokarbon dengan Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Makromedia dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat Pembelajaran Kimia Hidrokarbon dengan Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Makromedia setelah uji coba. Secara sistematis langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian pengembangan perangkat pembelajaran kimia Hidrokarbon pada SMK Primanegara Jeneponto berpedoman pada langkah-langkah pokok pengembangan pembelajaran model 4-D yang terbagi dalam empat tahapan yaitu: pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori valid. Dari hasil analisis keterlaksanaan perangkat pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 4,08 dan memenuhi kriteria praktis. Tingkat keberhasilan dalam uji coba lapangan menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa kelas XI keperawatan SMK Primanegara Jeneponto adalah 86,67%. Adapun aktivitas siswa dan respon siswa, serta kemampuan guru mengelolah pembelajaran berada pada kategori tinggi telah memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan kriteria yang digunakan untuk menilai perangkat pembelajaran yang dihasilkan yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan, maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. ABSTRACT RISNA HERAWATY I. 2014. The Development of Chemistry Learning Package on Hydrocarbon by Employing Cooperative Model of TGT Type with Macromedia (suvervised by Muh. Danial and Munir Tanrere). The study aimed at examining the systematic steps of the develompent of Chemistry learning on Hydrocarbon by employing cooperative model of TGT type with macromedia and discovering the validity, practicalyti, and effectiveness of Chemistry learning Package on Hydrocarbon by Employing Cooperative Model of TGT Type with Macromedia after the tryout. The research and develompent was conducted at SMK primanegara Jeneponto and reverred to 4-D model, which divided into four steps, namely defining step, design step, development step, and dissemination step. The learning package developed was validited by two experts with the result that the pacage was in valid category. The result based on the analysis the implementation of learning package was in high category with the mean 4,08 and fulfilled the criteria of practical. The level of success at the field tryout indicated that learning mastery of grade XI students of nursery at SMK Primanegara Jeneponto was 86,67 %. As for student’s activities and responses, and the ability of teachers in managing the learning was in high category and has fulfilled the criteria of effectiveness. Based on the criteria used to assess the learning package, that is generated validity, effectiveness, and practicality, the learning package developed has fulfilled the criteria of valid, practical, and effective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 03:30
Last Modified: 06 Dec 2016 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1582

Actions (login required)

View Item View Item