tudi Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Model Pembelajaran Langsung Ditinjau Dari Kesadaran Metakognisi pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 7 Bulukumba

HASNIH, HASNIH (2014) tudi Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Model Pembelajaran Langsung Ditinjau Dari Kesadaran Metakognisi pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 7 Bulukumba. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HASNIH.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK HASNIH. Studi Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Model Pembelajaran Langsung Ditinjau Dari Kesadaran Metakognisi pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 7 Bulukumba. (Dibimbing oleh H.Tabrani Gani dan H. Tinggi Banggali) Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan (1) mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang kesadaran metakognisi tinggi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran langsung (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang kesadaran metakognisi rendah yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design, yang melibatakan dua kelompok yang dibandingkan yaitu kelompok menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelompok menerapkan model pembelajaran langsung. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bulukumba tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 dan kelas XI IPA 4 yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kesadaran metakognisi siswa dengan menggunakan angket kesadaran metakognisi yang diserap dari MAI (Metacognitive Awareness Inventory). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Independent-Sample T Test dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung (2) Tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang kesadaran metakognisi tinggi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran langsung. (3) Tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang kesadaran metakognisi rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran langsung. ABSTRACT HASNIH. 2014. Comparison Study of Learning Result between Jigsaw Learning Model and Direct Learning Model Viewed from Meta-Cognitive Awareness on Chemistry at SMAN 7 Bulukumba (Supervised by Tabrani Gani and Tinggi Banggali) The study is a quasi-experiment which aims at (1) discovering the difference of learning result between student who taught by employing Jigsaw learning model and the ones taught by employing lerning model, (2) examining the difference of learning result between students who have high meta-kogminitve and taught by employing Jigsaw learning model and the ones taught by employing Direct learning model and (3) examining the difference of learning result between students who have meta-kogminitve and taught by employing Jigsaw learning model and the ones taught by employing Direct learning model and examining the difference learning model, the student pretest- posttest control group design which involved to groups to be compared, namely a group using. Jigsaw learning model and a group using Direct learning model. The population of the study was grade XI IPA students at SMAN 7 Bulukumba of academic year 2013/2014 with as many as 4 classes.Thesamples were two classes, grade XI IPA 3 and grade IPA 4 which taken randomly. The instrument used to examine meta-cognitive awareness of students was questionnaire adapted from Meta-cognitive Awareness Inventory (MAI). The hypothesis test was conducted by employing Independent-Sample T-Test analysis with the support of SPSS 17.0 for windows program. The results of the study revealed that (1) there is no difference of learning result between students who taught by employing Jigsaw learning model and the ones who taught by employing Direct learning model, (2) thete is no difference of learning result between students with high meta-cognitive model and taught by employing Jigsaw learning model and the ones taught by employing Direct learning model, (3) thete is no difference of learning result between students have low meta-cognitive model and taught by employing Jigsaw learning model and the ones taught by employing Direct learning model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:49
Last Modified: 06 Dec 2016 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item View Item