Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Penjumlahan Pecahan Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 28 Kota Parepare

Pasinggi, Yonathan Saba' and Tuken, Ritha (2019) Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Penjumlahan Pecahan Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 28 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9 (1). pp. 72-76. ISSN 2088-2092

[img] Text
jurnal publikasi vol.9 no.1, feb 2019.pdf

Download (236kB)
[img] Text
peer reviewer publikasi pendidikan vol.9 no.1, feb 2019.pdf

Download (1MB)
[img] Text
peer reviewer jurnal publikan vol 9 no 1 thn 2019 (ritha tuken).pdf

Download (616kB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pendekatan PMRI (Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia) pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman penjumlahan pecahan pada siswa kelas V SDN28 Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif, jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang berlokasi di SDN 28 Kota Parepare. Pemilihan lokasi ini berdasarkan pertimbangan peneliti melihat penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik di sekolah dasar belum diterapkan. Prosedur Penelitian PTK yaitu (1) Perrencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) observasi, (2) dokumentasi, (3) wawancara, (4) tes. Analisis data merupakan upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan penerapan pendekatan matematika realistik. Hasil penelitian pada tes awal menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa memahami materi pelajaran masih dalam kategori kurang, setelah dilakukan pembelajaran menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan hasil evaluasi pada siklus I berada pada kualifikasi baik (B), penelitian dilanjutkan pada siklus ke II karena peneliti belum puas dengan hasil yang diperoleh pada siklus I, hasil evaluasi pada siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan hasilnya pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahawa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa di SDN 28 Kota Parepare. Kata kunci: pembelajaran matematika realistik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 21 Nov 2019 08:01
Last Modified: 20 Feb 2021 14:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15736

Actions (login required)

View Item View Item