UPAYA PENINGKATAN MENGGIRING BOLAMELALUI METODE LATIHAN ZIG-ZAG PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PADA SISWA SMP NEGERI 33 MAKASSAR

Ayyub, Ayyub (2019) UPAYA PENINGKATAN MENGGIRING BOLAMELALUI METODE LATIHAN ZIG-ZAG PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PADA SISWA SMP NEGERI 33 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ayyub, 2019, Upaya Peningkatan Menggiring Bola Melalui Metode Latihan Zig-Zag Pembelajaran Sepak Bola Pada Siswa SMP Negeri 33 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Masjumi Nur M.Pd dan Muh. Adnan Hudain S.Pd,M.Pd Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. SMP Negeri 33 Makassar selama Peneliti bertugas sebagai guru PPL (Program Pengalaman Lapangan) Penjaskes dan hampir setiap selesai materi pembelajaran Penjaskes dan waktu luang digunakan anak-anak bermain sepak bola. Pada kenyataannya masih terdapat beberapa siswa SMP Negeri 33 Makassar dalam permainan sepak bola memiliki kemampuan kurang dalam melakukan dribbling atau Menggiring Bola, ini menandakan bahwa ada faktor yang mempengaruhi terhadap keterampilan tersebut. Melihat kurangnya keterampilan siswa pada saat pembelajaran sepak bola, maka guru pendidikan harus mempunyai metode pembelajaran inovatif yang menarik dan memodifikasi pembelajaran. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu apakah melalui bentuk latihan Zig-Zag dapat meningkatkan keterampilan Menggiring Bola dalam permainan sepak bola siswa SMP Negeri 33 Makassar?. Dengan tujuan meningkatkan keterampilan guru, meningkatkan aktivitas gerak siswa, meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Penerapan penggunaan metode latihan zig - zag dalam pembelajaran sepak bola dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sepak bola SMP Negeri 33 Makassar tahun pelajaran 2017-2018. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 0.0% (tidak ada siswa) pada kondisi awal menjadi 3,3% (1 siswa) pada siklus I dan meningkat 80%(28 siswa) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Nov 2019 02:57
Last Modified: 21 Nov 2019 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15724

Actions (login required)

View Item View Item