KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT PERUT, KELENTUKAN TOGOK KE BELAKANG DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNDUL BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MURID SDN NO. 166 INPRES BONTORITA KABUPATEN TAKALAR

Risaldi, Risaldi (2019) KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT PERUT, KELENTUKAN TOGOK KE BELAKANG DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNDUL BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MURID SDN NO. 166 INPRES BONTORITA KABUPATEN TAKALAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Risaldi, 2019. Kontribusi kekuatan otot perut, kelentukan togok ke belakang dan keseimbangan terhadap kemampuan menyundul bola pada permainan sepakbola murid SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian ”korelasional”. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui; (1) Apakah ada kontribusi kekuatan otot perut terhadap kemampuan menyundul bola pada permainan sepakbola murid SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar; (2) Apakah ada kontribusi kelentukan togok ke belakang terhadap kemampuan menyundul bola pada permainan sepakbola murid SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar; (3) Apakah ada kontribusi keseimbangan terhadap kemampuan menyundul bola pada permainan sepakbola murid SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar; (4) Apakah ada kontribusi kekuatan otot perut, kelentukan togok ke belakang dan keseimbangan secara bersama-sama terhadap kemampuan menyundul bola pada permainan sepakbola murid SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. Populasinya adalah keseluruhan murid SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan pemilihan secara acak (simple random sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefisien korelasi pearson product moment (r), dan hasil analisis korelasi ganda (R) pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada kontribusi yang signifikan antara kekuatan otot perut terhadap kemampuan menyundul bola pada permainan sepakbola murid SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar, dengan nilai r 0,515 (Pvalue ˂ α 0,05); dengan persentase sebesar 51,50%. (2) Ada kontribusi yang signifikan antara kelentukan togok ke belakang terhadap kemampuan menyundul bola pada permainan sepakbola murid SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar, dengan nilai r 0,512 (Pvalue ˂ α 0,05); dengan persentase sebesar 51,20%. (3) Ada kontribusi yang signifikan antara keseimbangan terhadap kemampuan menyundul bola pada permainan sepakbola murid SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar, dengan nilai r 0,499 (Pvalue ˂ α 0,05); dengan persentase sebesar 49,90%. (4) Ada kontribusi yang signifikan antara kekuatan otot perut, kelentukan togok ke belakang dan keseimbangan secara bersama-sama terhadap kemampuan menyundul bola pada permainan sepakbola murid SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. dengan persentase sebesar 88,70%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > PGSD D2 Dikjas
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Nov 2019 02:10
Last Modified: 15 Nov 2019 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15489

Actions (login required)

View Item View Item