Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Dipadu Strategi Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Sistem Pernapasan pada Siswa SMA Negeri 1 Belopa

SYAM, SUKMAWATI (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Dipadu Strategi Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Sistem Pernapasan pada Siswa SMA Negeri 1 Belopa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SUKMAWATI SYAM.doc

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK SUKMAWATI SYAM. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Dipadu Strategi Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Sistem Pernapasan pada Siswa SMA Negeri 1 Belopa (dibimbing oleh Nurhayati B dan Alimuddin Ali). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas siswa yang diajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing, (2) hasil belajar siswa yang diajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing, (3) pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa dan (4) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa melalui aktivitas siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester genap SMAN 1 Belopa tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random class. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa berada pada kategori sangat aktif; (2) hasil belajar berada pada kategori tinggi; (3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dan (4) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui aktivitas siswa. Kata kunci: kooperatif tipe STAD, inkuiri terbimbing, aktivitas, hasil belajar ABSTRACT SUKMAWATI SYAM. The Influence of the Implementation of Cooperative Learning Model of STAD Type Integrated with Guided Inquiry Strategy on Activity and Learning Outcomes of Students in Respiratory System at SMA Negeri 1 Belopa (supervised by Nurhayati B and Alimuddin Ali). The study aims to examining: (1) students’ activity taught by implementing cooperative learning model of STAD type integrated with guided inquiry strategy, (2) learning outcomes of students taught by implementing cooperative learning model of STAD type integrated with guided inquiry strategy, (3) the influence of the implementing of cooperative learning model of STAD type integrated with guided inquiry strategy on learning outcomes of students and (4) the influence of cooperative learning model of STAD type integrated with guided inquiry strategy on learning outcomes of students through student’s activity. The study is a quasi experiment research. The population was all students of class XI IPA of the second semester of academic year 2013/2014 at SMAN 1 Belopa. Samples were taken by employing random class technique. Data were collected using observation sheets of students’ activity and test of learning outcomes. The results of study reveal that (1) students’ activity is in extremely active category, (2) learning outcomes is in high category, (3) the implementation of cooperative learning model of STAD type integrated with guided inquiry strategy gives significant influence toward learning outcomes of students, and (4) the implementation of cooperative learning model of STAD type integrated with guided inquiry strategy gives indirect influence toward learning outcomes through student’s activity. Keywords: cooperative of STAD type, guided inquiry, activity, learning outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 00:53
Last Modified: 06 Dec 2016 00:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item