JULIASTI, JULIASTI (2019) PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
|
Text
JURNAL.pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK JULIASTI. 2019. Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan Prestasi Belajar Akuntansi terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh M. Ridwan Tikollah, S.Pd., M.S.A dan Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar Akuntansi secara simultan terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. (2) Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar Akuntansi secara parsial terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. (3) Variabel yang pengaruhnya dominan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah praktik kerja industri sebagai variabel bebas pertama (X1), prestasi belajar akuntansi sebagai variabel bebas kedua (X2) dan variabel kesiapan kerja sebagai variabel terikat (Y). populasinya seluruh siswa kelas XII akuntansi SMK Negeri 1 Makassar yang terdiri dari 133 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 57 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik kerja industri dan prestasi belajar akuntansi siswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja dengan tingkat signifikan <0,05. Praktik kerja industri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja dengan tingkat signifikan <0,05, dan prestasi belajar akuntansi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja dengan tingkat signifikan <0,05. Selain itu, koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,737 (73,7%). Hal ini berarti bahwa pengaruh praktik kerja industri dan prestasi belajar akuntansi terhadap kesiapan kerja siswa adalah sebesar 73,7% sedangkan sisanya 26,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Serta praktik kerja industri dominan berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa dengan koefisien determinasi sebesar 0,720 atau 72%. Kata kunci: Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar Akuntansi, Kesiapan Kerja
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 11 Nov 2019 02:49 |
Last Modified: | 11 Nov 2019 02:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15384 |
Actions (login required)
View Item |