Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang

Ilham, taufik (2019) Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL 1547240015 TAUFIK ILHAM.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Taufik Ilham Program Studi Pendidian Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar e-mail:taufikilhaam@gmail.com Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak siswa kelas IV SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian adalah Seberapa tinggi rata-rata kemampuan menyimak siswa yang diajar dengan media audio visual?, Seberapa tinggi rata-rata kemampuan menyimak siswa yang diajar tanpa media audio visual?, apakah ada pengaruh media audio visual video terhadap kemampuan menyimak siswa?Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui rata-rata kemampuan menyimak siswa yang diajar dengan media audio visual, untuk mengetahui rata-rata kemampuan menyimak siswa yang diajar tanpa media audio visual, untuk mengetahui pengaruh media audio visual video terhadap kemampuan menyimak siswa. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen berbentuk Quasi eksperimen. Variabel penelitian ada dua yaitu media audio visual dan kemampuan menyimak siswa. Jumlah populasi yaitu 93 siswa. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan menentukan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan pertimbangan yaitu nilai rata-rata kelas IV A dan IV B hampir sama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan pemberian pre-test dan post-test kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistk inferensial menggunakan sistem Statistical Pachage for Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Kesimpulan hasil penelitian bahwa kemampuan menyimak siswa sangat tinggi setelah diberi perlakuan berupa media audio visual dibuktikan dengan nilai post-test berada pada kategori sangat tinggi sedangkan nilai pre-test berada pada kategori sedang. Serta terdapat pengaruh yang signifikan antara media audio visual terhadap kemampuan menyimak siswa. Kata Kunci: Media Audio Visual, Kemampuan Menyimak Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username perpuspare
Date Deposited: 19 Oct 2019 08:51
Last Modified: 19 Oct 2019 08:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15234

Actions (login required)

View Item View Item