PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII IIS DI SMA NEGERI 5 WAJO

Yuliana, Yuliana (2019) PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII IIS DI SMA NEGERI 5 WAJO. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL_YULIANA_152041005_PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh pendapatan orang tua dan motivasi belajar secara parsial terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi kelas XII IIS di SMA Negeri 5 Wajo. (2) Pengaruh pendapatan orang tua dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi kelas XII IIS di SMA Negeri 5 Wajo, (3) Variabel mana antara pendapatan orang tua dan motivasi belajar yang berpengaruh secara dominan terhadap prestasi belajar pada pembelajaran akuntansi kelas XII IIS di SMA Negeri 5 Wajo. Dalam penelitian ini pendapatan orang tua dan motivasi belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi sebanyak 74 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 43 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka diperoleh model persamaan Y=40,442+0,053X 1 +0,802X 2 . Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung >t pendapatan orang tua 2,646>2,021 dan motivasi belajar 17,404>2,021 dengan tingkat signifikan <0,05. Nilai F hitung >F tabel yaitu 176,50>3,23. Nilai koefisien determinasi (R 2 tabel ) sebesar 0,898 atau 89,8%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pendapatan orang tua dan motivasi belajar secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada Pembelajaran Akuntansi Kelas XII IIS di SMA Negeri 5 Wajo. (2) Pendapatan orang tua dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siwa pada Pembelajaran Akuntansi Kelas XII IIS di SMA Negeri 5 Wajo. (3) Motivasi belajar lebih dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar pada Pembelajaran Akuntansi Kelas XII IIS di SMA Negeri 5 Wajo. Kata kunci: Pendapatan Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Oct 2019 01:20
Last Modified: 11 Oct 2019 01:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15151

Actions (login required)

View Item View Item