PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 PANGKEP

Anas, Agung Muliaman (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 PANGKEP. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL - Agung Muliaman Anas - 1592040018 - Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap motivasi belajar kelas X program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Pangkep. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran powerpoint sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat. Populasinya seluruh siswa kelas X program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Pangkep yang terdiri dari 103 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 51 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yang terdiri atas uji validitas dan uji reliabilitas, dan uji hipotesis yang terdiri atas terdiri dari analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji-t dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y=28,167+0,461X yang berarti penggunaan media pembelajaran powerpoint berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa yang mana tiap penambahan 1 nilai penggunaan media pembelajaran powerpoint, maka nilai motivasi belajar siswa mengalami peningkatan 0,461. Dari hasil analisis korelasi product moment (r) diperoleh nilai r=0,579 yang berada pada interval 0,40-0,599 memiliki hubungan yang sedang antara penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R 2 = 33,5% yang berarti penggunaan media pembelajaran powerpoint memiliki kontribusi kepada motivasi belajar siswa sebesar 33,5 persen sedangkan sisanya 66,5 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 yang berarti penggunaan media pembelajaran powerpoint berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci: Penggunaan Media Pembelajaran PowerPoint, Motivasi Belajar. ) diperoleh nilai R 2

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:17
Last Modified: 10 Oct 2019 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15145

Actions (login required)

View Item View Item