HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN RETENSI KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI KOTA MAKASSAR PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Farid, Andi Muhammad Miftah (2019) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN RETENSI KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI KOTA MAKASSAR PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
artikel meta.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andi Muhammad Miftah Farid, 2018. Hubungan Antara Keterampilan Metakognitif Dengan Retensi Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri Kota Makassar Pada Pembelajaran Biologi. Skripsi. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Oslan Jumadi dan Arsad Bahri). Pentingnya keterampilan pengetahuan abad 21 dalam hal ini keterampilan metakognitif menjadi perlu untuk diberdayakan. Keterampilan metakognitif berperan penting dalam meningkatkan kemampuan peserta didik. Salah satunya adalah retensi kognitif. Perbedaan strategi pembelajaran dan lingkungan belajar dari tiap sekolah kemungkinan dapat menunjukkan korelasi yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan metakognitif dengan retensi kognitif peserta didik di SMA Negeri kota Makassar pada pembelajaran Biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombongan belajar kelas XI MIA, SMA Negeri 9 Makassar, SMAN Negeri 11 Makassar, dan SMAN Negeri 18 Makassar. Melalui teknik simple random sampling, sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 di SMA Negeri 9 Makassar. Siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 4 SMAN Negeri 11 Makassar. Kemudian siswa kelas XI MIA 2 dan XI MIA 5 SMAN Negeri 18 Makassar. Data dikumpulkan menggunakan dua cara yaitu melalui penyebaran angket dan wawancara untuk gambaran proses pembelajaran di sekolah tersebut. Data keterampilan metakognitif dan retensi dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang terintegrasi dengan rubrik metakognitif, yang dilakukan pada saat posttest dan tes tunda. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji linearitas dan regresi sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan keterampilan metakognitif dengan retensi kognitif pada pembelajaran Biologi dengan kontribusi sebesar 51,8% (kategori cukup kuat). Adapun sisanya sebesar 48,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : keterampilan metakognitif, pembelajaran Biologi, retensi siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:05
Last Modified: 10 Oct 2019 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15142

Actions (login required)

View Item View Item