PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DAN MIND MAPPING DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS IX SMP HANDAYANI SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

Ahmad, Dian Ekawati (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DAN MIND MAPPING DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS IX SMP HANDAYANI SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
2. artikel.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dian Ekawati Ahmad 2019. Perbandingan Model Pembelajaran Sinektik dan Mind Mapping dalam Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas IX SMP Handayani SungguminasaKabupaten Gowa. (Dibimbing oleh Achmad Tolla dan Kembong Daeng). Tujuan penelitian untuk (1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP Handayani Sungguminasa setelah menggunakan model Sinektik; (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP Handayani Sungguminasa setelah menggunakan model Mind Mapping, dan (3) mendeskripsikan perbedaan dan persamaan antara model pembelajaran Sinektik dan model Mind Mapping terhadap pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IX SMP Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa yang berjumlah 145 siswa. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling.Sampel penelitian ini adalah kelas IXB dan IXD sebanyak masing-masing 21 siswa dan 22 siswa. Desain penelitian ini menggunakan Randomized Pretestposttest Group Design.Teknik pengumpulan data, yaitu data hasil belajar siswa posttest dengan menggunakan model Sinektik pada kelas eksperimen satu dan Mind Mappingpada kelas eksperimen dua terhadap keterampilan menulis teks cerpen. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan menulis teks cerpen dengan menerapkan model Sinektik berada pada kategori cukup terampil. Dari 21siswa,hanya 4 siswa yang tidak mencapai KKM;(2) keterampilan menulis teks cerpen dengan menerapkan model Mind Mapping berada pada kategori terampil. Dari 22 siswa, hanya 2 siswa yang tidak mencapai KKM, dan (3) Dari hasil analisis statistik inferensial, diperoleh nilai thitung= 3,071, sedangkan ttabel= 1,683 atau 3,071> 1,683. Hal tersebut membuktikan H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model Sinektik dan Mind Mapping. Namun, terdapat kesamaan kategori pada keempat aspek penilaian, yakni tema, amanat, alur, dan latar berada pada kategori sangat terampil. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Cerpen, Model Sinektik, dan Model Mind Mapping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Oct 2019 05:50
Last Modified: 08 Oct 2019 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15107

Actions (login required)

View Item View Item