PENERAPAN TEACHING FACTORY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL (SMAW) JURUSAN TEKNIK LAS SMK NEGERI 3 GOWA

Rayyan, Mahmud (2019) PENERAPAN TEACHING FACTORY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL (SMAW) JURUSAN TEKNIK LAS SMK NEGERI 3 GOWA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL Mahmud Rayyan 122041022 Teaching Factory.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abstrak, Mahmud Rayyan, 1222041022. Penerapan Teaching Factory Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Las Busur Manual (SMAW) Jurusan Teknik Las SMK Negeri 3 Gowa: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2019. Dibimbing oleh Rusli Ismail, dan Amiruddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Teaching Factory (TEFA) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Las Busur Manual (SMAW) Jurusan Teknik Las SMK Negeri 3 Gowa. penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan Ex-Post Facto karena data yang diperoleh adalah data hasil dari peristiwa yang sudah berlangsung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Jurusan Teknik Las SMK Negeri 3 Gowa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Jurusan Teknik las SMK Negeri 3 Gowa Teknik yang telah Mendapatkan Model Pembelajaran Teaching Factory yang berjumlah 66 orang yang dipilih menggunakan teknik Non-probability yaitu Purposive Sampling. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, dan uji hipotesisnya menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif Penerapan Teaching Factory (TEFA) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Las Busur Manual (SMAW) JurusanTeknik Las SMK Negeri 3 Gowa namun tidak signifikan atau sangat kecil bahkan dapat dikatakan tidak memiliki pengaruh, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) yang bernilai positif yaitu 0,004 dan harga koefisien determinasi (R2) X terhadap Y sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Teaching Factory memiliki kontribusi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Las Busur Manual (SMAW) Jurusan Teknik Las SMK Negeri 3 Gowa sebesar 0,000% sedangkan 100% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Teaching Factory, Hasil Belajar, Las, (SMAW)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Oct 2019 05:43
Last Modified: 01 Oct 2019 05:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15032

Actions (login required)

View Item View Item