EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII DI SMP ISLAM ATHIRAH 2 MAKASSAR

ARDIAN, ARDIAN (2019) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII DI SMP ISLAM ATHIRAH 2 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

viii ABSTRAK ARDIAN, 2019. “Efektivitas Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII SMP Islam Athirah 2 Makassar ―Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Arab di SMP ISLAM ATHIRAH 2 MAKASSAR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sederhana. Metode pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara, Skala dan Dokumentasi. Dari Populasi kelas VIII di SMP Islam Athirah, Diambil 2 kelas yakni kelas Eksperimen dan kelas Kontrol masing-masing 26 siswa. Dari hasil penelitian diketahui nilai thitung ˃ ttabel (2,100 ˃ 1,67) dan P value (0,041 ˂ 0,05 ) maka Ho ditolak, artinya bahwa ada perbedaan antara tingkat motivasi belajar kelas control dengan tingkat motivasi kelas eksperimen. Pada tabel group statistics terlihat rata-rata (Mean) untuk kelas Kontrol adalah 92,27 dan untuk kelas eksperimen 98,19, artinya bahwa nilai rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata motivasi belajar kelas Kontrol. Jadi kesimpulannya Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Islam Athirah 2 Makassar. Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar, Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Sep 2019 03:50
Last Modified: 26 Sep 2019 03:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14981

Actions (login required)

View Item View Item