Retensi Kognitif Biologi dan Sikap Ilmiah Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda pada Strategi PBLRQA Dipadu Jurnal Belajar

Bahri, Arsad and Idris, Irma Suryani and Samsidi, Nurjannah H. (2019) Retensi Kognitif Biologi dan Sikap Ilmiah Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda pada Strategi PBLRQA Dipadu Jurnal Belajar. SAINSMAT "Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya, 8 (1). pp. 85-97. ISSN 2086-6755

[img]
Preview
Text
9. Artikel Retensi Kognitif Sainsmat (15).pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Review Retensi Kognitif Biologi_compressed.pdf

Download (413kB) | Preview
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/view/10191

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi PBLRQA dipadu jurnal belajar terhadap retensi kognitif biologi dan sikap ilmiah siswa dengan kemampuan akademik berbeda.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment menggunakan desain pretest-postest nonequivalent control group design pola faktorial 2 x 2.Sampel penelitian adalah 4 rombel pada kelas XI MIA SMAN 17 Makassar yang dipilih dengan random sampling. Masing-masing 2 rombel diajar dengan PBLRQA dipadu jurnal belajar dan 2 rombel diajar dengan PBL. Instrumen penelitian terdiri atas instrumen retensi kognitif berupa tes essai dan intrumen sikap ilmiah berupa angket dan lembar observasi sikap ilmiah.Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i)ada perbedaan retensi siswa berkemampuan akademik berbeda antara siswa yang diajar dengan PBLRQA dipadu jurnal belajar denganPBL.Strategi PBLRQA dipadu jurnal belajar lebih berpotensi mempertahankan retensi siswa dibandingkan PBL. Rerata terkoreksi nilai retensi siswa kemampuan akademik atas lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kemampuan akademik bawah. Interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik berpengaruh terhadap retensi siswa; dan (ii) ada perbedaan sikap ilmiah siswa berkemampuan akademik berbeda antara siswa yang diajar dengan PBLRQA dipadu jurnal belajar dan PBL.Strategi PBLRQA lebih berpotensi menumbuhkan sikap ilmiah siswa dibandingkan PBL. Rerata terkoreksi sikap ilmiahsiswa kemampuan akademik atas lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kemampuan akademik bawah. Interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa. Kata kunci: PBLRQA, Jurnal Belajar, Retensi Kognitif, Sikap Ilmiah

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:36
Last Modified: 24 Sep 2019 04:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14965

Actions (login required)

View Item View Item