Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 2 Tanralili Maros melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan

Asia, Nur (2012) Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 2 Tanralili Maros melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nur asia.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Nur asia. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 2 Tanralili Maros melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan (dibimbing oleh Subaer dan Helmi) Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas, untuk melihat seberapa besar hasil belajar siswa pada materi tentang cahaya yang menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan. Pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan digunakan dalam penelitian ini, karena diyakini pendekatan ini akan mampu meningkatkan hasil belajar fisika siswa apabila disetting LKS berbasis lingkungan. Selain itu diharapkan dengan proses mental (secara investigasi) dapat meningkatkan potensi intelektual siswa. Seluruh populasi menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII1 SMP Negeri 2 Tanralili Maros sebanyak 33 orang siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan kuantitatif. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas proses belajar mengajar melalui pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan termasuk kategori sangat baik; (2) hasil belajar fisika siswa kelas VIII1 SMP Negeri 2 Tanralili Maros pada materi cahaya setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dapat meningkat secara signifikan, pada siklus I mencapai rata-rata 62,67. dengan tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 72,73%. Sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 69,15 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 87,88%. Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar fisika siswa meningkat melalui pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan. Sehingga penelitian ini akan bermanfaat baik bagi guru sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar fisika maupun bagi siswa sebagai wadah untuk mengembangkan/ meningkatkan aktivitas belajar. . ABSTRACT NUR ASIA 2012. The lmprovement af Physics Learning Achievemntt of Grade VIII1 Students at SMPN 2 Tanralili Maros through Environment-based Conceptual Learning {supervised by Subaer and Helmi) This study is a classroom action research, which aims at examining students, learning achievement on light subject material by using environment-based contextual learning approach. The environment-based contextual learning approach is used in this study because it is believed that this approach is able to improve students, learning achievement on physics subject when the student's work sheet is setting to environment-based. It is expected that the mental process can improve students, intellectual potency. All of the population was the sample of this study, which was 33 grade VIII1 students at SMPN 2 Tanralili Maros. Data \was analyzed by employing statistics descriptive analysis and quarrtitative analysis. The statistics deseriptive analysis was used to analyze the validify of the learning device and describe studenis, learning achievement. The result of this study reveals that (l) the quality of the teaching and learning process, through environment-based conceptual learning is in extremely good category; (2) students learning achievement on light subject material after being taught by environment-based contextual learning approach can improve significantly, that in cycle I achieved the average of 62.67 with the students, learning mastery level 72.73 %; whereas, in cycle II achieved 69.15 with students learning mastery level 87.88%. This study proves that students learning achievement on physics subject is improved by employing environment-based contextual learning approach. Thus, this study will give contribution to teachers as one of approaches to be used to enhance students learning achievement on physics subject as well as to students that it becomes the media to improve learning activity

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:50
Last Modified: 05 Dec 2016 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1495

Actions (login required)

View Item View Item