ANALISIS POLA INTERAKSI EDUKATIF BERNUANSA KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 6 TORAJA UTARA

Rahmita, Ammi (2019) ANALISIS POLA INTERAKSI EDUKATIF BERNUANSA KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 6 TORAJA UTARA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL AMMI.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ammi Rahmita, 2018. Analisis Pola Interaksi Edukatif Bernuansa Kearifan Lokala dalam Pembelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri Toraja Utara. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, dibimbing oleh Muhammad Dinar, S.E., M.S dan Inannah, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana internalisasi nilai kearifan lokal masyarakat toraja utara ditinjau dari pola interaksi edukatif antara guru dan peserta didik dalam pembelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri Toraja Utara,. Dimana populasi penelitian ini yakni peserta didik kelas X, Guru Ekonomi kelas X, dan Kepala SMA Negeri Toraja Utara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pola interaksi yang terjadi dalam pembelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri Toraja Utara terdapat dua jenis pola interaksi, yakni pola interaksi satu arah; guru – peserta didik, dan dua arah : guru- peserta didik, peserta didik – guru. Belum terdapat interaksi edukatif antar peserta didik, sedangkan internalisasi nilai kearifan lokal dalam pemlbelajaran ekonomi sudah dilakukan, sebagaimana terdapat berbagai nilai kearifan lokal yang nampak pada saat proses interaksi edukatif dalam pembelajaran ekonomi berlangsung. Kata Kunci : Interaksi Edukatif, Kearifan Lokal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:32
Last Modified: 19 Sep 2019 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14930

Actions (login required)

View Item View Item