PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM MATA KULIAH SISTEM INSTRUMENTASI DAN PENGUKURAN ALAT LISTRIK PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNM

Jumardin, Muhajir (2019) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM MATA KULIAH SISTEM INSTRUMENTASI DAN PENGUKURAN ALAT LISTRIK PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNM. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (770kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Mengembangkan modul praktikum mata kuliah Sistem Instrumentasi dan Pengukuran Alat Listrik pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM. (2) Pengembangan modul praktikum mata kuliah Sistem Instrumentasi dan Pengukuran Alat Listrik yang telah dirancang dapat digunakan dengan praktis dan efektif di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu produk. Prosedur Pengembangan mengacu pada Model Pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek Penelitian adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM, sedangkan Objek penelitian adalah Modul Praktikum. Instrumen Penelitian menggunakan lembar penilaian menurut 2 Ahli Materi, 2 Ahli Desain, 2 Observer dan Respon Mahasiswa. Hasil uji coba pada penelitian ini berupa analisis dari nilai rata-rata hasil validasi dua ahli materi dari presentase aspek kelayakan isi adalah 90%, presentase kelayakan penyajian adalah 88%, dan presentase aspek penilaian konseptual adalah 92% sehingga jumlah presentase aspek secara keseluruhan dari hasil validasi adalah 90% dengan kategori “sangat valid”, kemudian analisis nilai rata-rata dari hasil validasi dua ahli desain dari presentase aspek kelayakan kegrafikan adalah 93%, dan presentase aspek kelayakan bahasa adalah 90% sehingga jumlah presentase aspek secara keseluruhan dari hasil validasi adalah 91% dengan kategori “sangat valid”, selanjutnya analisis dari nilai rata-rata hasil pengamatan dua Observer, dari presentase aspek keterampilan dan kinerja mahasiswa adalah 96% dari presentase aspek kerjasama antar mahasiswa adalah 75%, presentase aspek kemandirian mahasiswa adalah 75%, presentase aspek tahap praktikum adalah 90%, dan presentase indikator aktivitas adalah 88% sehingga jumlah presentase aspek secara keseluruhan dari hasil pengamatan adalah 85% dengan kategori “sangat baik”, dan analisis hasil respon mahasiswa jumlah presentase aspek secara keseluruhan dari hasil respon adalah 84% dengan kategori “sangat prakris”. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Modul Praktikum Mata Kuliah Sistem Instrumentasi dan Pengukuran Alat Listrik. Sehingga simpulan dari penelitian ini adalah produk yang dibuat Modul Praktikum Mata Kuliah Sistem Instrumentasi dan Pengukuran Alat Listrik dapat digunakan. Kata Kata Kunci: Modul Praktikum, Sistem Instrumentasi dan Alat Listrik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Sep 2019 06:55
Last Modified: 18 Sep 2019 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14916

Actions (login required)

View Item View Item