PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI JURUSAN IPS SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Monalisa, Monalisa (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI JURUSAN IPS SMA NEGERI 11 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MONALISA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi jurusan IPS SMA Negeri 11 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah perhatian orang tua (X) dan motivasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa jurusan IPS SMA Negeri 11 Makassar yang berjumlah 327 siswa dan sampel dilakukan dengan metode yaitu teknik sendiri atau bersama-sama diberikan kesempatan untuk didpilih menjadi anggota sampel. Jumlahnya sebanyak 77 siswa dari total keseluruhan siswa jurusan IPS di SMA Negeri 11 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner/angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif, uji prasyarat analisi, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan pada persamaan analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y=34,286+0,478, dimana setiap penambahan satu nilai perhatian orang tua, maka nilai motivasi belajar bertambah sebesar 0,478. Dari hasil analisis korelasi product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,563 yang berada pada interval 0,400-0,599 yang berarti tingkat perhatian orang tua terhadap motivasi belajar tergolong dalam kategori sedang. Dan hasil analisis nilai-t diperoleh nilai signifikan 0,000 < taraf signifikan 0,05, berarti perhatian orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar sehingga dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 03 Oct 2019 07:05
Last Modified: 03 Oct 2019 07:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14888

Actions (login required)

View Item View Item