JASA TRANSPORTASI ONLINE (STUDI KOMPARATIF PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA PENGGUNA GOJEK DAN GRAB PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Hamidu, Sitti Hartina (2019) JASA TRANSPORTASI ONLINE (STUDI KOMPARATIF PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA PENGGUNA GOJEK DAN GRAB PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL (SITTI HARTINA HAMIDU).pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sitti Hartina Hamidu. 2019. Jasa Transportasi Online (Studi Komparatif Pengambilan Keputusan Mahasiswa Pengguna Gojek dan Grab pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. Dosen pembimbing oleh Dr. Muhammad Rakib, S.Pd., M.Si. dan Dr. Muhammad Agus Syam, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengambilan keputusan mahasiswa pengguna jasa transportasi online Gojek dan Grab pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, serta untuk mengetahui perbandingan tingkat pengambilan keputusan mahasiswa pengguna jasa transportasi online Gojek dan Grab pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Variabel dalam penelitian ini merupakan variabel tunggal, yaitu pengambilan keputusan mahasiswa pengguna Gojek dan Grab. Populasinya adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, angkatan tahun 2015, 2016, 2017 dan 2018, sebanyak 2.541 mahasiswa yang terdiri dari jurusan/program studi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Akuntansi (D3), Akuntasi (S1), Manajemen dan Ekonomi Pembangunan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan menetapkan kriteria bahwa yang akan menjadi sampel penelitian adalah mahasiswa pengguna Gojek dan Grab pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, dengan jumlah sampel sebanyak seratus 165 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji Mann Whitney (U-Test), dengan menggunakan program SPSS 21. Hasil yang diperoleh bahwa, nilai rata-rata dan standar deviasi pada pengambilan keputusan mahasiswa pengguna Gojek lebih tinggi daripada Grab, akan tetapi pada Uji Mann Whitney (U-Test) diperoleh nilai signifikan (Asymptotic Significance) sebesar 0,239 yang berarti bahwa nilai Asymptotic Significance > nilai Level Of Significance yaitu 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengambilan keputusan mahasiswa pengguna jasa transportasi online Gojek dan Grab pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, sehingga dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian ditolak. Kata Kunci: Pengambilan Keputusan, Gojek, Grab

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Sep 2019 03:53
Last Modified: 16 Sep 2019 03:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14882

Actions (login required)

View Item View Item