Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Prosedural Fisika Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kabupaten Bima

FATIMAH, FATIMAH (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Prosedural Fisika Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kabupaten Bima. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
FATIMAH.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK FATIMAH. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Prosedural Fisika Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kabupaten Bima. (Dibimbing oleh Muris dan Ahmad Yani). Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design yang bertujuan untuk mendapatkan ada tidaknya perbedaan penigkatan kemampuan prosedural fisika siswa antara yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang diajarsecara konvensional Kelas XI SMK Negeri 2 Kabupaten Bima tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu siswa XI1dan kelas XI2 SMK Negeri 2 Kabupaten Bima dengan jumlah peserta didik sebanyak 52 orang. Pengolahan data hasil penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan program SPSS untuk menggambarkan karakteristik kemampuan prosedural fisika siswa dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek kemampuan prosedural fisika siswa lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Selanjutnya dianalisis juga menggunakan N-Gain, dimana hasil yang peroleh untuk skor kemampuan prosedural fisika pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol meskipun perbedaannya tidak berbeda jauh. Sedangkan untuk hasil uji hipotesis dua pihak menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, jadi hasil yang diperoleh bahwa H1 diterima artinya terdapat perbedaan peningkatan antara kemampuan prosedural fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan siswa yang diajar secara konvensional siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kabupaten Bima tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci : Pembelajaran Barbasis Proyek, Kemampuan Prosedural ABSTRACT FATIMAH. 2015. The influence of Project-Based Learning Model toward Physics Prosedural Ability of Class XI Student at SMKN 1 Bima District (supervised by Muris and Ahmad Yani) The research was quasi experiment research witch non equivalent control group design which aimed to discover was there were differences of physics procedural ability of the students who were taught by using project-based learning and the ones using conventional method in class XI at SMKN 2 in Bima district of academic year 2014/2015. The subjects of the research were two classes, namely class XI. 1 and class XI.2 with the total of 52 students. Data were analyzed by employing descriptive analysis with SPSS program to describe the characteristics of the student’s physics procedural ability and inferential analysis to test the research hypotesis. The descriptive analysis result showed that after implementing project-based learning model, the student’s physics procedural ability was higher than the ones using conventional learning method. Then analysis also using n-gain where the result obtained for scoring ability procedursl experimental physics at higher grade be compared the control class even though the difference is not much different. While for the results of hypitesis testing two parties showed that Ho and H1 accepted., so the results obtained H1 accepted meaning that there is a difference between the ability to increase procedural physics taught using project-based learning model with the students taught conventionally class XI student of SMKN 2 districts Bima the academic yaer 2014/2015. Keywords : Project Based Learning, Procedural Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:33
Last Modified: 05 Dec 2016 02:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item View Item