MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DENGAN KAKI BAGIAN LUAR PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK SISWA SMAN 15 BONE

Sugianto, Riring (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DENGAN KAKI BAGIAN LUAR PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK SISWA SMAN 15 BONE. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Riring Sugianto, 2019 “Meningkatkan Kemampuan Menggiring Bola Dengan Kaki Bagian Luar Pada Permainan Sepak Bola Melalui Pembelajaran Kelompok Siswa Sma Negeri 15 Bone.” Pembimbing I Drs. Andi Mas Jaya, AM, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sudirman, M.Pd. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggiring bola dengan kaki bagian luar melalui metode kelompok. Obyek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bone. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus (data terlampir). Sebelum dilakukan siklus terlebih dahulu dilakukan observasi awal untuk mengetahui kemampuan siswa kemampuan siswa dalam menggiring bola dengan kaki bagian luar. Dari hasil observasi awal tersebut dapat diketahui siswa yang sudah memiliki kemampuan dan yang belum memiliki kemampuan menggiring bola dengan kaki bagian luar pada permainan sepak bola Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Bone, adapun yang menjadi subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bone. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih dua minggu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan rata-rata kemampuan menggiring bola dengan kaki bagian luar yakni : pada observasi awal rata-rata kemampuan siswa sebesar 58,24% setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan sebesar 11,39% menjadi 69,63%. Dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 81,63 atau terjadi peningkatan 12%. Dengan demikian rata-rata peningkatan dari observasi awal sampai pada siklus II sebesar 23,63%. Adanya peningkatan kemampuan menggiring bola dengan kaki bagian luar dalam setiap siklusnya yakni : rata-rata sebesar 23,63% dengan demikian hipotesis yang berbunyi : meningkatkan kemampuan menggiring bola dengan kaki bagian luar dalam permainan sepakbola melalui pembelajaran kelompok dapat terbukti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Sep 2019 01:35
Last Modified: 13 Sep 2019 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14874

Actions (login required)

View Item View Item