PRESTASI PESERTA DIDIK PADA KELUARGA BERPOLIGAMI DI SMK NEGERI 6 TAKALAR

SYARIFUDDIN, SYARIFUDDIN (2019) PRESTASI PESERTA DIDIK PADA KELUARGA BERPOLIGAMI DI SMK NEGERI 6 TAKALAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal Jadi.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola pengasuhan peserta didik bagi orang tua yang berpoligami, (2) kondisi prestasi peserta didik dari keluarga berpoligami, (3) faktor yang determinan berpengaruh terhadap pola belajar peserta didik dari keluarga berpoligami. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik wawancara, pengamatan dan dokumentasi yang berlokasi di SMK Negeri 6 Takalar. Populasi pada penelitian ini sebanyak 18 peserta didik yang berlatarbelakang keluarga berpoligami meliputi kelas X sebanyak 8 orang, kelas XI sebanyak 6 orang dan kelas XII sebanyak 4 orang. Analisis data penelitian ini dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus-menerus sampai tuntas dan data menjadi jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 18 kepala keluarga yang berpoligami sebanyak 6 orang bapak yang menggunakan pola pengasuhan yang bersifat permisif terhadap anak-anaknya, sebanyak 4 orang bapak yang menggunakan pola pengasuhan otoriter, sebanyak 4 orang bapak yang menggunakan pola pengasuhan situasional, sebanyak 2 orang yang menggunakan pola pengasuhan demokratis dan 2 orang menggunakan pola pengasuhan acuh tak acuh. Kondisi prestasi peserta didik dari keluarga berpoligami setiap tahun yang mengalami nilai fluktuatif sebanyak 9 orang, yang meningkat nilainya sebanyak 8 orang, sedangkan yang rendah nilainya sebanyak 1 orang. Faktor determinan yang mempengaruhi pola belajar peserta didik dari keluarga berpoligami dipengaruhi oleh pola asuh dan perhatian penuh dari orang tua terutama ibu, kemauan belajar sendiri, serta minat belajar terutama ingin menyelesaikan tugas,persiapan menghadapi ulangan dan keinginan mendapatkan nilai yang tinggi. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Peserta Didik, Poligami

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:41
Last Modified: 12 Sep 2019 07:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14873

Actions (login required)

View Item View Item