PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 5 PINRANG

HERMAN, RAHMAT (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 5 PINRANG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal_Rahmat Herman_1492041013_Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RAHMAT HERMAN, 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 5 Pinrang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh: Samsinar, S.Pd., SE., M.Si., Ak., CA. dan Drs. H. Abd. Rijal, M.Si.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran simulasi terhadap motivasi belajar siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 5 Pinrang. Variabel dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran simulasi sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat. Populasinya yaitu keseluruhan siswa kelas XI Akuntansi, sementara sampelnya yaitu siswa kelas XI Akuntansi sebanyak 31 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampel Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan bantuan program SPSS 24.0 for windows. Hasil analisis regresi sederhana Y = 4,912 + 0,808X dimana konstanta dengan nilai 4,912 yang berarti bahwa jika metode pembelajaran simulasi nilainya nol, maka motivasi belajar nilainya sebesar 4,912 sedangkan koefisien regresi X sebesar 0,808 bernilai positif, yang berarti bahwa jika metode pembelajaran simulasi mengalami peningkatan 1 satuan, maka motivasi belajar siswa juga akan mengalami peningkatan sebesar 0,808 satuan. Dari hasil analisis product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,665 yang berada pada interval 0,600-0,799 yang memiliki tingkat pengaruh kuat antara metode pembelajaran simulasi terhadap motivasi belajar siswa. Melalui uji-t pada kolom signifikan menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Kata kunci : Metode Pembelajaran Simulasi, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Sep 2019 04:59
Last Modified: 12 Sep 2019 04:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14866

Actions (login required)

View Item View Item