PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS

Rahmayani, Sri (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAROS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL SRI RAHMAYANI.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) difokuskan pada pengembangan lembar kerja peserta didik yang valid dan efektif serta respons positif dari peserta didik dan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain model lembar kerja peserta didik pembelajaran fisika berorientasi karakter displin yang valid, untuk menganalisis respon guru dan peserta didik terhadap penggunaan lembar kerja peserta didik berorientasi karakter disiplin, dan menganalisis efektifitas penggunaan lembar kerja peserta didik berorientasi karakter disiplin. Desain penelitian yang digunakan adalah diadaptasi dari Born and Gall dengan prosedur atau tahapan penelitian sebagaimana yang dikemukakan oleh Sugiyono. Subjek uji coba penelitian ini adalah empat orang peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Maros, yang terdiri dari dua peserta didik perempuan dan dua peserta didik laki-laki. Lembar kerja peserta didik berorientasi karakter disiplin divalidasi oleh dua orang pakar dan dianalisis Gregory diperoleh relevansi kuat-kuat yang berarti bahwa lembar kerja peserta berorientasi karakter disiplin telah dinilai baik oleh validator dan dapat digunakan. Persentase respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berorientasi karakter disiplin meliputi 82,1% berada pada kategori sangat setuju dan 17,9% berada pada kategori setuju. Karakter disiplin peserta didik setelah penggunaan lembar kerja peserta didik berorientasi karakter disiplin antara lain yaitu peserta didik A1 berada pada kategori sangat baik yaitu sebesar 93%, peserta didik A2 yaitu 74% dengan kategori Baik, peserta didik B1 berada pada kategori sangat baik yaitu sebesar 92%, dan peserta didik B2 berada pada kategori sangat baik yaitu sebesar 78% dengan rata-rata karakter disiplin peserta didik sebesar 84,25% pada kategori sangat baik. Selain itu persentase respon guru yaitu 64,7% berada pada kategori sangat setuju dan 35,3% berada pada kategori setuju. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Lembar kerja peserta didik berorientasi karakter yang telah divalidasi oleh ahli berada dalam kategori valid yang ditunjukkan dengan tingkat konsistensi internal R≥75 sehingga dapat dikatakan valid. karakter peserta didik setelah penggunaan lembar kerja peserta didik berorientasi karakter berada pada kategori sangat baik. Respon guru dan peserta didik terhadap penggunaan lembar kerja peserta didik berada pada kategori positif. Penggunaan lembar kerja peserta didik berorintasi karakter disiplin efektif untuk pembiasaan karakter disiplin peserta didik. Kata Kunci: Karakter Disiplin, Lembar Kerja Peserta Didik, Efektivitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:45
Last Modified: 11 Sep 2019 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14858

Actions (login required)

View Item View Item